Minggu , 16 Juni 2024
Home / BENGKAYANG / Satu Tahun Kepemimpinan Darwis-Rizal, Bupati Launching dua Aplikasi Unggulan

Satu Tahun Kepemimpinan Darwis-Rizal, Bupati Launching dua Aplikasi Unggulan

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pemerintah Kabupaten Bengkayang menggelar ramah tamah memperingati Satu Tahun Kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis – Syamsul Rizal, kemarin malam.

Ramah tersebut dihadiri sejumlah pejabat tinggi Pratama dan forkopimda di kabupaten Bengkayang. Dalam momen itu, berbagai capaian kerja Bupati dan Wakil Bupati selamat satu tahun dipaparkan, baik itu yang sudah, sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan kedepannya. Salah satunya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Massa kepemimpinan satu tahun ini, Bupati juga melaunching dua aplikasi unggulan sebagai bentuk inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi tersebut yakni, Simple MANTAP dan E-PBB Lamus.

“Simple MANTAP adalah aplikasi sistem informasi pajak daerah online, ini kit beri nama Simple MANTAP. Aplikasi berbasis android yang dapat di download di Play Store,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati, aplikasi Simple MANTAP (layanan perpajakan daerah) menyediakan sembilan jenis pelayanan pajak daerah yang sesuai dengan namanya simpel atau sederhana, dimana wajib pajak atau masyarakat cukup mengunduh aplikasi simpel MANTAP di playstore kemudian melakukan tiga langkah mudah, daftar, lapor dan bayar.

Selanjutnya, ada aplikasi pelayanan pendaftaran dan pembayaran PBB di desa atau diberi nama E-PBB Lamus. Dengan adanya aplikasi ini, Darwis harapkan dapat peningkatan kesadaran masyarakat dalam melaporkan dan mendaftarkan PBB P2 semakin meningkat. Selain itu dengan adanya aplikasi E-PBB Lamus, menjadikan desa-desa di Kabupaten Bengkayang sebagai desa digital atau Smart Desa.

“Jadi saya berharap pelayanan publik lainnya juga dapat melakukan hal yang sama membuat suatu terobosan dan inovasi pelayanan publik yang dapat diakses secara online di desa sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih mudah dan cepat,” ujar Darwis.

Darwis jug menambahkan, dua produk inovasi aplikasi sistem informasi pajak daerah secara online dan layanan pembayaran PBB p2p di desa secara online yang di launching perdana tersebut, merupakan implementasi dan target atas capaian kinerja yang masuk dalam agenda monitoring control for prevention atau MCP Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, yang memberikan informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi atau korsupgah yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

” kita ketahui bersama progres keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bengkayang pada MCP KPK terkait optimalisasi pajak daerah tahun 2021 sebesar 63,6 persen, dan Saya minta untuk Tahun 2022 ini dinaikkan minimal 75 persen,” pinta Bupati.

“Saya juga mengharapkan adanya inovasi-inovasi pada seluruh pelaksanaan urusan-urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan non pelayanan dasar yang melekat pada bidang-bidang urusan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bengkayang, agar kedepan lainnya lingkaran pemerintahan daerah kota Bengkayang berjalan dengan baik,” (TT).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *