Selasa , 18 Juni 2024
Home / NEWS / Pemkab Sanggau Raih Penghargaan Innovative Goverment Award 2021 Klaster Perbatasan

Pemkab Sanggau Raih Penghargaan Innovative Goverment Award 2021 Klaster Perbatasan

Foto—Bupati didampingi Sekda saat mengikuti acara penganugrahan IGA tahun 2021, Rabu (29/12/2021)–ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar acara penganugerahan Innovative Goverment Award (IGA) tahun 2021 yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Rabu (29/12). Kabupaten Sanggau salah satu daerah perbatasan yang masuk dalam nominasi bersama beberapa daerah klaster perbatasan lainnya di tanah air.

Bupati Sanggau Paolus Hadi didampingi Sekda Kukuh Triyatmaka dan sejumlah pimpinan SKPD menghadiri secara virtual penganugerahan IGA di lantai II Kantor Bupati Sanggau, Rabu (29/12/2021).

Sebanyak 39 pemerintah daerah (Pemda) di Indonesia masuk nominator IGA tahun 2021. Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni tujuh Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal.

Nominator pada klaster provinsi adalah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, dan Jambi.

Ketujuh provinsi itu adalah provinsi yang masuk dalam kategori sangat inovatif. Dan Pemprov NTB terpilih menjadi Pemda Terinovatif setelah melalui tahapan penjurian dan finalnya paparan presentasi kepala daerah di hadapan dewan juri yang ditetapkan Kemendagri beberapa waktu yang lalu.

Sementara nominator pada klaster kabupaten yaitu Banyuwangi, Wonogiri, Bogor, Muara Enim, Lampung Barat, Tabalong, Indragiri Hilir, Tanggamus, Musi Rawas, Tegal, Hulu Sungai Selatan, dan Bojonegoro.

Sedangkan nominator pada klaster kota, yaitu Singkawang, Surabaya, Padang Panjang, Cimahi, Yogyakarta, Tangerang, Mojokerto, Probolinggo, Pariaman, Bandung, Pekanbaru, dan Makassar. Kemudian, nominator pada klaster daerah perbatasan yakni Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Sambas, Kabupaten Bintan, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

“Ditetapkannya Kabupaten Sanggau sebagai daerah perbatasan terinovative tahun 2021 tentu harus kita sukuri, meskipun tidak mudah untuk mencapai itu. Tapi intinya inovasi-inovasi harus terus kita lakukan,” kata Bupati Paolus Hadi usai mengikuti acara penganugrahan IGA.

Penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *