Minggu , 21 April 2024
Home / BENGKAYANG / 50 WBP Rutan Kelas IIB Bengkayang dapat Remisi Natal

50 WBP Rutan Kelas IIB Bengkayang dapat Remisi Natal

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Sebanyak 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bengkayang mendapatkan remisi Hari Raya Natal 2021 (25/12/2021). Dari 50 orang tersebut, 40 menerima Remisi RK normal dan 10 orang Remisi RK PP-99.

Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Chandra Wiharto menyampaikan, pemberian remisi tersebut dilakukan secara selektif dan transparan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Pemberian remisi kepada WBP merupakan perwujudan pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM).

“Besaran remisi yang diterima masing-masing WBP ditentukan berdasarkan lama masa pidana yang telah dijalani oleh mereka,” ucapnya, Sabtu (25/12).

Penyerahan remisi ini dirangkaikan bersamaan dengan ibadah natal di gereja Rutan Bengkayang.

“Setiap perayaan Natal merupakan momen mengingat kehadiran dan kasih Tuhan. Untuk itu, seluruh Warga Binaan umat Kristiani agar tidak hilang harapan,” ucap Chandra dalam membaca sambutan Menkumham RI.

“Pemberian remisi bukan serta-merta bentuk kemudahan bagi WBP untuk cepat bebas, tetapi merupakan instrumen dan wahana normatif untuk meningkatkan kualitas pembinaan, mendorong motivasi diri. Sehingga WBP mempunyai kesempatan, kesiapan budaya adaptasi tinggi dalam proses Reintegrasi Sosial, melakukan internalisasi dan implementasi nilai-nilai pembinaan yang diperoleh sebagai modal untuk kembali ke lingkungan masyarakat secara tepat dan nyata,” tambah Karutan

Karutan berharap, dengan pemberian remisi dapat membangkitkan semangat WBP dan mendorong untuk tetap berbuat baik karena salah satu syarat mendapatkan remisi adalah tidak pernah membuat pelanggaran keamanan dan ketertiban di Rumah Tahanan Negara maupun Lembaga Pemasyarakatan. (Ril/TT).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Disperindagkop dan UM Sanggau Kembali Gelar Operasi Pasar

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Operasi pasar guna pengendalian inflasi daerah jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *