Kamis , 20 Juni 2024
Home / NEWS / Didampingi Ontot, Paolus Hadi Resmikan Gereja Paroki Santo Paulus Rasul Mukok

Didampingi Ontot, Paolus Hadi Resmikan Gereja Paroki Santo Paulus Rasul Mukok

FOTO–Bupati Sanggau Paolus Hadi saat meresmikan Gereja Paroki Santo Paulus Rasul Mukok, Rabu (8/12/2021).

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Didampingi Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) meresmikan Gereja Paroki Santo Paulus Rasul Mukok, Rabu (8/12/2021). Sementara pemberkatan gerja yang berlokasi di Jalan Trans 43 Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, Kalbar itu dilakukan Uskup Sanggau Mgr. Julius Giulio Mencuccini, CP.

Hadir Kepala Dishangpanghortikan Kabupaten Sanggau Kubin, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau Siron, Kepala Satpol PP Kabupaten Sanggau Victorius, anggota DPRD Kabupaten Sanggau Susana Herpena dan Yeremias Marsilinus , Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina PH, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Yohana Kusbariah Ontot.

Bupati PH mengatakan, keberadaan gereja ini adalah wujud dari salah satu seven brand images Sanggau yang sudah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, yaitu Budiman (Berbudaya dan Beriman).

Ia menyebut, sudah banyak gereja, baik untuk umat Katolik maupun umat Kristen mendapat dukungan anggaran dari Pemkab Sanggau. “Gereja yang kita resmikan ini adalah pusat Paroki Mukok, yang betul-betul kita bantu agar bisa terwujud gereja yang permanen,” ucap PH.

Anggaran pembangunan gereja ini juga berasal dari swadaya umar Paroki Mukok. Bupati Sanggau dua periode ini pun memberikan apresiasi atas kekompakan dan kebersamaan umat Paroki Mukok tersebut.

“Ini adalah wujud swadaya masyarakat Paroki Mukok yang luar biasa, tentu apa yang dibangun ini hanyalah sebuah gedung, tetapi penguatan iman jauh lebih penting bagi seluruh orang Sanggau, apakah dia Katolik, Kristen, Islam dan agama lain. Karena apabila iman kita kuat, maka baik adanya. Itulah yang ingin kita capai, agar orang Sanggau memiliki iman yang kuat,” ujar PH.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot juga Ketua DAD Kabupaten Sanggau memberikan apresiasi kepada Uskup yang selama ini telah berupaya bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan Sanggau berbudaya dan beriman.

“Bersyukur sekali dengan pemerintah daerah sudah mendorong ini, sehingga kombinasi berbudaya dan beriman menjadi sebuah kekuatan untuk masyarakat adat yang ada di Kabupaten Sanggau. Harapan saya, masyarakat adat selain berbudaya yang kuat juga, beriman yang kuat, sehingga jati diri dan berimannya beradat,” ucap Ontot.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Pembangunan Gereja Dominikus MP menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah membangun gereja ini. “Membangun gereja sama dengan membangun iman. Harus memiliki niat yang tulus agar diselesaikan dengan baik. Dengan demikian dapat dimanfaatkan untuk beribadah dengan nyaman,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejaksaan Negeri Sanggau Gelar Rakor PAKEM 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *