Jumat , 24 Mei 2024
Home / NEWS / Resmikan Jembatan Desa Nekan, Wabup Sanggau: Masyarakat Harus Ikut Terlibat Awasi Kebersihannya

Resmikan Jembatan Desa Nekan, Wabup Sanggau: Masyarakat Harus Ikut Terlibat Awasi Kebersihannya

Foto—Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot bersama Anggota DPRD dan perwakilan Dinas BMSDA meresmikan jembatan Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Senin (1/11/2021)—Diskominfo Sanggau untuk Kalimantantoday.com

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sempat rusak akibat banjir tahun lalu, Pemda Sanggau bergerak cepat membangun kembali jembatan Desa Nekan, Kecamatan Entikong. Alhasil, pada Selasa (1/11/2021) Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meresmikan jembatan tersebut.

Hadir pada peresemian itu, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Edy Emilianus, perwakilan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA), Camat Entikong, Kosmas Yul, Forkompimcam, dan Kepala Desa Nekan, Tibisius Sanusi.

“Inikan karena dampak dari banjir bandang tahun lalu, sehingga jembatan ini kita perbaiki atau dibangun kembali. Dengan pengalaman yang lalu dan kita juga tidak tahu dengan cuaca, sehingga saya berharap supaya masyarakat juga harus peduli terkait dengan dibangun kembali jembatan ini atas dampak banjir bandang,” kata Wabup Yohanes Ontot.

Ia mengaku sudah memintah Kades agar masyarat ikut mengawasi kebersihan jembatan.

“Karena biasanya saat hujan dan banjir, kayu dari hulu melintang di bawah jembatan, sehingga kalau masyarakat tidak bersihkan, ini juga akan menjadi persoalan besar ketika ada banjir. Tentu tekanan air akan membuat jembatan ini juga tidak stabil dan pada akhirnya rusak,” beber Ontot.

Ia menegaskan, dibangunnya jembatan tersebut ini merupakan bentuk perhatian Pemda pada masyarakat Desa Nekan.

“Kita selaku pemerintah daerah tidak akan membiarkan hingga berlarut-larut. Ini (jembatan, red) juga merupakan akses utama masyarakat di tiga dusun yaitu Nekan, Gramajaya dan Ponti Kayan. Kita berharap dibangunnya jembatan yang baru ini menjadi sebuah akses yang nanti juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga keluar-masuknya hasil pertanian dan lainnya bisa segera dimobilisasi atau di distribusikan ke kota,” harap Ontot.

Kepala Desa Nekan, Tibisius Sanusi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah peduli dan membangun jembatan Desa Nekan yang baru.

“Selaku pemerintah desa dan masyarakat Desa Nekan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Sanggau yang sudah berkenan hadir bersama kami dalam peresmian jembatan Desa Nekan yang baru. Jembatan ini merupakan akses utama masyarakat antar dusun, sehingga ini merupakan satu-satunya akses penghubung di tiga dusun yaitu Nekan, Gramajaya dan Ponti Kayan,” ucap Kades Nekan, Tibisius Sanusi.
Dikatakannya, setahun lalu tepatnya pada 8 Juli tahun 2020, jembatan tersebut putus diakibatkan banjir bandang.

“Hari ini kita bersyukur jembatan Desa Nekan sudah dibangun kembali dan hari ini sudah diresmikan Bapak Wakil Bupati Sanggau.” pungkas Kades. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pemkab Landak Gelar Operasi Pasar Murah Tahap II Tahun 2024

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pemerintah Daerah Kabupaten Landak menggelar kegiatan Operasi Pasar Murah Tahap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *