Selasa , 16 April 2024
Home / NEWS / Dinkes Sanggau: Waspada Penyakit Pasca Banjir

Dinkes Sanggau: Waspada Penyakit Pasca Banjir

Foto—Sarimin Sitepu

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu, meminta masyarakat terutama yang tinggal di kawasan terendam banjir untuk waspada terhadap penyakit yang ditimbulkan pasca banjir.

“Bencana banjir yang terjadi dalam waktu relatif lama dapat menyebabkan kerusakan sistem sanitasi dan air bersih, serta menimbulkan potensi kejadian luar biasa (KLB) penyakit-penyakit yang ditularkan melalui media air (water-borne diseases) seperti penyakit kulit, diare, dan penyakit Deman Berdarah,” kata Sarimin via WhatsApp, Jumat (29/10/2021).

Sebagai antisipasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau meminta seluruh Puskesmas di wilayah terdampak banjir melaporkan kerusakan sarana pelayanan, gangguan kesehatan, serta obat-obatan. Selain itu juga diminta untuk memberikan penyuluhan kesehatan pada masyarakat.

Sementara itu, masyarakat yang terkena dampak banjir juga diminta tetap waspada terhadap dampak banjir.

“Terutama menjaga air minum agar tetap dimasak terlebih dahulu baru dikonsumsi dan selalu menjaga kebersihan perorangan dan kesehatan lingkungan,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Safari Ramadan di Desa Tanjung Merpati

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengunjungi masjid Nurul Islam di Desa Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *