Sabtu , 4 Mei 2024
Home / NEWS / Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD, Arita Apolina: Literasi Bukan Hanya Membaca dan Menulis, Tapi juga Menyampaikan Pikiran

Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD, Arita Apolina: Literasi Bukan Hanya Membaca dan Menulis, Tapi juga Menyampaikan Pikiran

Foto—Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Bunda Literasi, Arita Apolina (tengah) dan Kepala Dinas Arda Sanggau, Sukri, dalam acara pembukaan lomba bercerita, Kamis (1/7/2021)—Diskominfo Sanggau

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot resmi membuka lomba bercerita tingkat SD/MI Kabupaten Sanggau, Kamis (1/7/2021) di Aula Perpustakaan Kabupaten Sanggau.

Ontot mengapreseasi digelarnya lomba tersebut. Menurutnya lomba ini dapat memunculkan kearifan lokal Kabupaten Sanggau melalui cerita yang akan di sampai oleh delapan peserta.

“Lomba bercerita ini merupakan salah satu bagian dari pengembangan indeks literasi. Bagaimana kita mengangkat atau memunculkan cerita-cerita ini sebagai kearifan lokal. Tentunya kegiatan ini merupakan salah satu bagian, bagaimana kita mencapai visi/misi Kabupaten Sanggau, yaitu Sanggau Pintar, salah satunya juga Perpustakaan ini kita bangun, supaya bisa meningkatkan minat baca masyarakat Sanggau,” kata Ontot.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Arita Apolina menjelaskan, lomba tersebut digelar sebagai upaya meningkatkan kreatifitas yang menghasilkan karya bagi anak-anak.

“Ketika anak-anak sudah masuk usia sekolah dari pendidikan anak usia dini kita sudah berupaya bahwa literasi ini bukan hanya kepada kemampuan membaca dan menulis, tetapi bagaimana menyampaikan dari buah pikiran anak-anak menjadi sebuah karya. Salah satu upaya yang kita lakukan, dengan memberikan motivasi terutama di masa pandemi ini untuk terus tetap berkarya,” ujarnya.

Selain itu, kata Arita, lomba bercerita merupakan bagian pendampingan kepada anak-anak yang mempunyai potensi. Hasil yang terbaik nanti akan terus didampingi untuk ke jenjang yang lebih baik.

“Harapan saya kepada seluruh generasi milenial ini, mari bersama-sama kita berupaya meningkatkan indeks literasi masyarakat Kabupaten Sanggau menuju Sanggau Pintar, Sanggau Maju dan Terdepan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Arita juga menyerahkan bingkisan kepada delapan peserta lomba. (ram/Diskominfo Kabupaten Sanggau)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *