Minggu , 21 April 2024
Home / NEWS / Januari Hingga April 2021, Dinkes Tangani 12 Kasus HIV di Sanggau

Januari Hingga April 2021, Dinkes Tangani 12 Kasus HIV di Sanggau

Foto– Kabid P3 Dinkes Sanggau, Sarimin Sitepu.

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, menemukan setidaknya 12 kasus HIV di Kabupaten Sanggau berdasarkan hasil screening yang dilakukan pada Januari hingga April 2021.

“Kalau dibanding tahun lalu, angkanya kurang lebih, tapi dibulan yang sama ya. Tahun lalu yang meninggal tercatat 9 orang dari 63 orang yang positif,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu, Rabu (19/5/2021)

Sarimin menegaskan pihaknya tak mau lengah, begitu menemukan kasus HIV, mengingat penyakit ini berisiko tinggi pada kematian.

“Untuk para pengidap (HIV) bisa langsung berobat ke RSUD MTh Djaman secara rutin dan obatnya adalah obat program yang memang disediakan pemerintah dan tidak dipungut bayaran alias gratis,” tegasnya.

Selama ini, kata Sarimin, tingkat kepatuhan pengidap HIV yang menjalani pengobatan di RSUD MTh Djaman cukup baik dan disiplin. Dengan kedisiplinian itu, ia yakin kondisi pasien akan segera lebih baik.

“Saya bersyukur mereka disiplin menjalani pengobatan. Dan merekapun tetap kita awasi,” ungkapnya.

Sarimin menjelaskan, penularan HIV terjadi saat darah, sperma atau cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang lain. Hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara. Antara lain hubungan seks, donor darah dan penggunaan jarum suntik yang bergantian. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Disperindagkop dan UM Sanggau Kembali Gelar Operasi Pasar

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Operasi pasar guna pengendalian inflasi daerah jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *