Senin , 17 Juni 2024
Home / NEWS / Penerbitan Paspor di Kantor Imigrasi Sanggau Turun 50 Persen

Penerbitan Paspor di Kantor Imigrasi Sanggau Turun 50 Persen

Foto— Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Sanggau, Candra Wahyu Hidayat

 

SANGGAU. Pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan jumlah penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau pada tahun 2020 ini. Bila pada 2019 paspor yang diterbitkan mencapai 11.369 paspor, tahun ini hanya 2.599 paspor saja.

“Hal ini sebagai akibat dari pandemi Covid-19 sehingga kuota per hari hanya dibuka sebanyak 25 permohonan atau berkurang 50 persen dari kuota sebelum adanya pandemi Covid-19,” ungkap Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Sanggau, Candra Wahyu Hidayat, Senin (28/12/2020).

Kendati begitu, dikatakannya, Kantor Imigrasi Sanggau terus berupaya menambah keuangan negara dari sektor non pajak di masa pandemi dengan meluncurkan pelayanan Eazy Paspor dan Paspor Simpatik. Menurut dia, pelayanan Paspor Simpatik 2020 berhasil melayani 74 pemohon.

“Sedangkan pelayanan Eazy Paspor, kami sudah melayani 190 pemohon,” imbuhnya.

Pada sisi pelayanan kepada Warga Negara Asing (WNA), ia melanjutkan tahun 2020 Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau sudah melayani empat WNA pemegang Izin Tinggal Kunjungan, 62 pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dengan rincian 55 Tenaga Kerja Asing di 15 Perusahaan, lima WNA di yayasan dan dua WNA lain-lain.

“Untuk Izin Tinggal Tetap (KITAP) tahun ini kami melayani delapan WNA,” tambah Candra.

“Di tahun 2021 nanti, komitmen kami akan terus meningkatkan kinerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 selama status pandemi Covid-19 masih belum dicabut pemerintah,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *