Jumat , 23 Februari 2024
Home / HUKUM / Operasi Lilin Kapuas, Polres Sanggau Libatkan 436 Personel

Operasi Lilin Kapuas, Polres Sanggau Libatkan 436 Personel

Foto—Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot (tengah), Dandim Sanggau, Letkol Inf. Affiansyah (kiri) dan Kapolres Sanggau, AKBP Raymon M. Masengi di Rakor lintas sektoral terkait pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Senin (21/12/2020)—kiram

 

SANGGAU. Mulai Senin (21/12/2020) Polres Sanggau menggelar operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan sandi Lilin Kapuas 2020. Operasi kepolisian terpusat ini digelar selama 15 hari sampai 4 Januari 2021 dengan melibatkan 436 personel Polres Sanggau.

Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcelino Masengi menyampaikan, sasaran operasi ini antara lain 85 gereja, dua pusat perbelanjaan, lima objek wisata dan lima terminal.

“Khusus pengamanan gereja, kami turunkan 315 personel. Kami juga mendirikan empat pos pengamanan di Terminal Pujasera, Simpang Ampar, Simpang Sosok dan di Parindu, kemudian ada satu pos pelayanan kami siapkan di PLBN Entikong,” ungkap AKBP Raymond Marcelino Masengi dalam rapat koordinasi lintas sektoral operasi kepolisian terpusat Lilin Kapuas, Senin (21/12/2020).

Dikatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan TNI dari Kodim 1204/Sanggau, Pemerintah Kabupaten Sanggau seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan serta unsur lainnya.

“Pelibatan berbagai pihak ini karena tanggung jawab pengamanan Natal dan tahun baru ada di kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot meminta petugas yang diturunkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Protokol kesehatan, tegas Wabup, harus ditegakkan secara profesional.

“Kalau protokol kesehatan diabaikan, dikhawatirkan muncul klaster (Covid-19) baru,” ucap Yohanes Ontot.

Wabup mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Satgas Covid-19 sudah memetakan wilayah-wilayah yang dianggap rawan penyebaran corona. Pada wilayah itu, Yohanes Ontot meminta petugas yang diturunkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru mengintensifkan penegakan protokol kesehatan.

“Natal dan Tahun Baru kali ini kita rayakan di tengah pandemi, penanganan dan pengamanannya tentu berbeda dengan sebelum pandemi. Saya minta semuanya tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan bersama tanpa mengurangi suka cita Natal,” tandas Wabup.

Senada dengan Wabup, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf. Affiansyah mendorong pola pengamanan Natal dan Tahun Baru memprioritaskan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Disampaikan Dandim, Kodim siap mengamankan Natal dan Tahun Baru di Sanggau.

“Kami (Kodim) siap membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru. Saran saya, objek wisata yang berpotensi menjadi tempat kerumunan masyarakat sebaiknya ditutup sementara, daripada nanti muncul lagi kasus baru Covid-19,” tutur Dandim. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sanggau Minta ASN Netral dan Tidak Golput

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *