Selasa , 25 Juni 2024
Home / NEWS / Rumah Betang DAD Kecamatan Kapuas Mulai Dibangun

Rumah Betang DAD Kecamatan Kapuas Mulai Dibangun

Foto–Bupati Sanggau, Paolus Hadi didampingi pejabat lainya dan undangan lainya saat meletakan batu pertama pembangunan Rumah Betang DAD Kecamatan Kapuas di Jalan Sabang Merah II, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (15/12/2020)–ist

 

SANGGAU. Peletakkan batu pertama pembangunan Rumah Betang Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kapuas dilakukan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, pada Selasa (15/12/2020) di Jalan Sabang Merah II, Kelurahan Bunut.

“Hari ini saya diundang untuk ikut meletakkan batu pertama pendirian Rumah Betang DAD Kecamatan Kapuas. Puji syukur karena setiap kecamatan sekarang sudah memiliki Betang yang sedang dibangun masing-masing, walaupun masih ada yang belum selesai,” kata Paolus Hadi.

PH sapaan akrab Paolus Hadi berharap Rumah Betang ini digunakan sesuai dengan kepentingannya.

“Pertama memang untuk tempat berkumpul, mengurus masyarakat adat itu sendiri. Pengembangan budaya, juga kreativitas-kreativitas anak-anak muda kita supaya bisa dikembangkan di sini,” sebutnya.

Ia juga mengingatkan agar jangan terlalu berharap kepada pemerintah. Pastikan masyarakat Dayak juga pandai bergotong royong. Sebuah budaya yang dari dulu sudah baik.

Ketua DAD Kecamatan Kapuas, Andreas Sisen mengaku sebagai orang Dayak tentu perlu memikirkan tempat untuk mengumpulkan masyarakat Dayak.

“Tentu itu semua untuk menyelesaikan suatu persoalan. Bukan hanya itu saja tetapi bagaimana untuk mengembangkan tradisi budaya adat istiadat. Itu khususnya. Kemudian umumnya, siapapun kalau sudah jadi Rumah Betang ini nanti terlepas dari itu semua silahkan saja untuk menjadi tempat area rekreasi, misalnya untuk foto-foto,” kata Sisen.

Selain itu juga, kemungkinan besar nanti jika ada gawai kecamatan. “Terpenting juga harapan kami semua memang memungsikan tempat ini untuk mengangkat harkat dan martabat Dayak itu sendiri terutama dari segi budaya,” ujarnya.

Sisen menceritakan, awal mula pendirian Rumah Betang ini berasal dari swadaya pengurus dan kemudian dibantu Pemkab Sanggau.

“Kami targetkan sampai di level pondasi atau lantai atas. Kedepannya untuk melanjutkan kami berharap bantuan dari pemerintah. Pak Bupati Sanggau sudah menyampaikan membantu kita di tahun depan,” ujarnya.

Sebelumnya melakukan peletakkan batu pertama terlebih dahulu diberkati oleh Pastor Aloysius Anong OFM Cap.

Hadir juga Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Sanggau, H John Hendri, dan perwakilan OPD Sanggau lainya, Anggota DPRD Sanggau, Rosni, Wakil Ketua DAD Sanggau, Marsianus Ajau, Ketua PDKS, Yuvenalis Krismono, serta perwakilan dari Polsek Kapuas. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejaksaan Negeri Sanggau Sembelih Dua Ekor Sapi, Kajari: Bentuk Rasa Syukur

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan Keluarga besar Kejaksaan Negeri Sanggau pada momen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *