Selasa , 27 Februari 2024
Home / NEWS / Media Massa dan Penyelenggara Pemilu Punya Peran Strategis dalam Merawat Demokrasi

Media Massa dan Penyelenggara Pemilu Punya Peran Strategis dalam Merawat Demokrasi

Ngetrend Media di Hotel Golden Tulip Pontianak

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Media massa dan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) diharapkan membangun hubungan timbal balik, karena sama-sama mempunyai peran strategis dalam merawat demokrasi di Indonesia.

“Profesi di media massa sama mulianya dengan Penyelenggara Pemilu dalam menjaga, merawat dan membangun demokrasi di Indonesia,” kata Umi Rifdiawaty, Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Umi menyampaikan hal tersebut ketika menjadi narasumber Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetren Media), di Golden Tulip Hotel Pontianak, Minggu (29/11/2020) malam.

Keberadaan media massa yang profesional, independen dan berintegritas, akan berpengaruh terhadap kualitas informasi yang disampaikan ke publik.

Demikian pula dengan Penyelenggara Pemilu. Diharapkan tetap profesional, independen, terbuka dan berintegritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Menurut Umi, Penyelenggara Pemilu harus memahami bahwa keberadaan media massa menuntut mereka untuk bekerja secara terbuka, profesional dan independen.

“Penyelenggara harus ramah kepada media massa. Jika hubungan ini berjalan dengan baik, akan menguntungkan kedua pihak, hubungan timbal balik,” jelas Umi.

Ia mengingatkan, keberadaan media massa sangat strategis dalam mengawal penegakan kode etik Penyelenggara Pemilu.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejaksaan Negeri Sanggau Eksekusi Dua Terpidana Kasus Program Peremajaan Sawit Rakyat KUD Sinar Mulia

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau melakukan eksekusi pada dua terpidana dalam kasus penyimpangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *