Jumat , 19 April 2024
Home / LANDAK / Pemkab Landak Panen Padi Demplot VUB, Karolin : Harus Menjadi Progam Prioritas

Pemkab Landak Panen Padi Demplot VUB, Karolin : Harus Menjadi Progam Prioritas

 

 

LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat melakukan Panen Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat, di Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila, Rabu (02/09/20).

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama antara Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) dengan Unit Pelayanan Teknis Pengawasan Sertifikasi Benih (UPTPSB) Provinsi Kalimantan Barat.

Hadir dalam panen padi demplot varietas unggul bersertifikat ini Sekertaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DPPKP Kabupaten Landak, Pengawas Benih Kabupaten Landak, Kepala BP2K Sengah Temila, perwakilan UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak dan anggota kelompok tani Taruna Abadi.

Sekretaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Koller Sinaga, SP Mendukung dan mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat yang di laksanakan oleh kelompok tani Taruna Abadi, desa senakin, Kecamatan Sengah Temila.

“Saya mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat ini di laksanakan terus-menerus di Kabupaten Landak, dengan adanya kegiatan ini Para Petani yang ada di Kabupaten Landak dapat mengetahui berbagai Varietas Padi dengan Produksi tinggi, sehingga produksi padi sawah di Kabupaten Landak dapat mencapai swasembada beras dan Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi teknologi pertanian terutama para petani setempat bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan yang digarap,” Ujar Sinaga.

Sementara itu Pengawas Benih Kabupaten Landak Benhard Samosir, SP mengatakan Penggunaan varietas unggul bersertifikat menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan produksi padi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk produksi benih padi bersertifikat dalam setiap usaha pertanian, kemudian untuk memperluas penyebaran varietas unggul dan penyerapan penggunaan benih bermutu sesuai daerah lokasi setempat,” Ujar Benhard.

Ada lima varietas unggul bersertifikat yang kita panen pada hari ini Sambung Benhard yaitu varietas Padjajaran, varietas Siliwangi, varietas Pamelan, varietas Rindang 1, dan varietas Rindang 2.

“Dari hasil kegiatan panen yang dilaksanakan hari ini demplot varietas unggul benih bersertifikat di pertanaman ada lima varietas, yang toleran perubahan iklim dan hama penyakit varietas Siliwangi, Pamelan dan Rindang 1, sedangkan varietas Padjajaran dan Varietas Rindang 2 tidak toleran terhadap hama dan penyakit” Ujar Benhard.

Mardiro Selaku petani pelaksana dari kelompok Tani Taruna Abadi Mengatakan dengan adanya kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat di lokasinya, membuat petani disekitar bisa melihat secara langsung jenis padi yang cocok untuk dikembangkan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi dan tehgnologi pertanian, terutama kami selaku petani bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan, Selama ini petani menanam jenis padi tidak sesuai dengan varietas dan lokasi setempat, Dengan harapan salah satu sarana produksi yang sangat penting dalam upaya meningkatkan produksi pertanian,” kata Mardiro.

Ditempat terpisah Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mendukung program demplot varietas unggul bersertifikat dan menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) yang ada di Kabupaten Landak untuk memprogramkan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat.

“Saya menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) yang ada di Kabupaten Landak untuk memprogramkan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat dengan tujuan untuk mengenalkan kepada para petani di kecamatan masing-masing untuk menanam atau mengembangkan Varietas Padi Unggul Bersertifikat dan telah dilakukan kaji tindak di wilayah kabupaten Landak,” Tukas Karolin.

penanaman padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat sambung Karolin harus menjadi program prioritas kabupaten Landak.

“Karena Bidang pertanian merupakan salah satu fokus utama di kabupaten Landak dan sebagian besar penduduk adalah petani. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, salah satu cara yang kita temp

 

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *