Minggu , 16 Juni 2024
Home / NEWS / Perluas Deteksi Covid-19 di Kalbar!!!

Perluas Deteksi Covid-19 di Kalbar!!!

Suriansyah

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Lantaran kasus baru Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus bermunculan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalbar dituntut untuk memperluas pendeteksian virus yang kali pertama ditemukan di Wuhan, China ini.

“Pak Gubernur harus meminta Bupati dan Wali Kota se-Kalbar untuk memperluas proses pendeteksiannya,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Selama ini, ungkap Suriansyah, proses pendeteksian Covid-19 melalui Swab Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) hanya dilakukan di pusat-pusat perkotaan. Kalau di tingkat kabupaten, hanya sampai beberapa titik di tingkat kecamatan.

“Padahal daerah kita ini memiliki perbatasan yang banyak jalur tikusnya, dikhawatirkan menjadi pintu masuk orang-orang yang positif Covid-19,” ucap Suriansyah.

Legislator Kalbar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Sambas ini mengingatkan, selain berbatasan darat dengan negara Malaysia, Kalbar juga berbatasan dengan provinsi lainnya.

“Pendeteksian Covid-19 di daerah perbatasan ini harus lebih diperketat. Supaya mereka yang masuk tidak menyebarkannya ke masyarakat lain di Kalbar,” harap Suriansyah.

Baru-baru ini, lanjut Suriansyah, Gubernur Kalbar Sutarmidji sudah meminta setiap kabupaten/kota mengirim 200 sampel untuk swab test per pekan.

Ia menyambut baik langkah tersebut. Lantaran dengan semakin banyak menjaring orang yang potensial menyebarkan Covid-19, tentu akan lebih baik. “Tetapi pengambilan sampelnye harus terus diperluas,” ucap Suriansyah.

Selain itu, Legislator Partai Gerindra ini juga berharap pendeteksian Covid-19 di Bandar Udara (Bandara), Pelabuhan dan Terminal lebih diperketat. “Kemungkinan meningkatnya kasus Covid-19 di Kalbar karena dibawa penumpang pesawat, kapal atau bus,” ujar Suriansyah.

Limpahan kasus Covid-19 dari daerah lain tentu sangat mengganggu Kalbar, makanya harus diwaspadai. “Mungkin saja mereka yang datang ke Kalbar tidak menjalani Swab Test atau PCR di daerah asalnya,” ingat Suriansyah.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *