Sabtu , 20 April 2024
Home / LANDAK / Karolin Berikan 1.079 Rumah Swadaya Kepada Masyarakat Landak

Karolin Berikan 1.079 Rumah Swadaya Kepada Masyarakat Landak

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa

 

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak menyalurkan bantuan Rumah Swadaya dari Kementerian PUPR kepada 1.079 unit rumah yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Landak.

“Untuk kabupaten Landak tahun ini mendapatkan kuota 1.079 rumah swadaya bagi masyarakat,” kata Karolin di Ngabang, Jum’at (21/08/20).

Adapun rincian bantuan rumah swadaya tersebut antara lain, 222 unit berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan 157 unit dari dana alokasi umum (DAU) tahun 2020. Kemudian, ada juga bantuan rumah swadaya yang berasal dari BSPS stategis sebanyak 300 unit, BPSP NAHP tahap 2 200 unit dan BSPS NAHP tahap 3 200 unit, total 1079 unit.

“Bantuan rumah swadaya ini memang tidak akan mencukupi untuk melakukan pembangunan rumah dari tahap awal, maupun untuk proses rehap rumah warga. Namun, ini bisa disiasati oleh masyarakat dengan membangun secara gotong royong,” terang Karolin.

Menurut Karolin sesuai dengan nama bantuan tersebut Rumah Swadaya, maka sudah seharusnya pembangunannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

“ini adalah bantuan dari pemerintah, jadi dananya mungkin tidak akan cukup untuk membangun sebuah rumah. Namun, ini tentu harus di syukuri dan bisa disiasati dengan gotong royong antar sesama masyarakat. Jika pembangunannya dilakukan secara gotong royong, tentu akan menghemat biaya tukang dan budaya ini harus di lestarikan lingkungan masyarakat,” kata Karolin yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat.

Dengan adanya bantuan tersebut, Karolin berharap agar masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraannya dengan adanya rumah yang layak huni.

“Kita berharap ke depan, rumah tangga miskin di Kabupaten Landak semakin berkurang, seiring dengan adanya peningkatan rumah tinggal masyarakat. Untuk itu, kita harapkan kesejahteraan masyarakat Landak ke depan juga bisa terus meningkat,” jelas Karolin.

Sebelumnya beberapa waktu lalu (Rabu, 19/08/20) Bupati Landak melakukan secara simbolis peletakan batu pertama pembangunan rumah swadaya di Desa Mandor Kiru, Kecamatan Jelimpo sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Bupati Landak kepada masyarakatnya. (*)

 

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *