Rabu , 29 Mei 2024
Home / HEADLINE NEWS / Tingginya Curah Hujan, Karolin Himbau Masyarakat Landak Waspada Potensi Banjir dan Tanah Longsor

Tingginya Curah Hujan, Karolin Himbau Masyarakat Landak Waspada Potensi Banjir dan Tanah Longsor

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa

 

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK– Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap lingkungan khususnya bencana banjir dan tanah longsor. Karena berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Barat disebutkan untuk sebagian besar wilayah Kalbar masih akan terjadi musim hujan dengan intensitas tinggi termasuk Kabupaten Landak.

“Berdasarkan laporan laporan prakiraan cuaca di Kabupaten Landak untuk bulan Juli tahun 2020 masih terjadi hujan diberbagai wilayah Landak bahkan di seluruh kecamatan dilaporkan kondisi cuacanya masih berawan yang bisa saja terjadi perubahan menjadi turun hujan. Maka dari itu saya mengimbau seluruh masyarakat untuk waspada terhadap banjir maupun tanah longsor akibat tingginya curah hujan ini,” jelas Bupati Landak, rabu (15/07/20) di Ngabang.

Bupati Landak juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar terutama menjaga kelestarian hutan dengan melakukan penanaman pohon.

“Melihat situasi banjir di Kabupaten Landak beberapa waktu terakhir maka kita perlu memikirkan daerah serapan dan penahan air di bagian hulu. Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk melakukan penanaman pohon di tempatnya masing-masing untuk ambil bagian dalam menjaga hutan,” ajak Karolin.

Selain itu, kepada Media Center Pemerintah Kabupaten Landak Bupati Karolin juga sudah mengajak seluruh Kepala Desa di Kabupaten Landak untuk menggelar penanaman pohon dilakukan secara rutin.

“Kita ingin seluruh Kepala Desa mengajak warganya secara rutin setiap tahun menanam pohon, namun supaya hal ini berkelanjutan akan lebih bagus jika kita memulainya terlebih dahulu dalam memberikan contoh bagi warga misalnya menanam pohon buah-buahan lokal. Selain dapat memberikan dampak pada lingkungan hal ini juga dapat berguna dalam melestarikan tanaman buah lokal atau endemik kita,” ucapnya. (*)

 

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *