Selasa , 16 Juli 2024
Home / NEWS / Kadinkes Sanggau: Virus Corona Paling Cepat Menyebar dan Belum Ada Obatnya

Kadinkes Sanggau: Virus Corona Paling Cepat Menyebar dan Belum Ada Obatnya

Masyarakat Lawan Hoax Virus Corona Sampai Jadi Trending (Astroboys2019 via Bored Panda)
Masyarakat Lawan Hoax Virus Corona Sampai Jadi Trending (Astroboys2019 via Bored Panda)

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Presiden Jokowi baru saja mengumumkan dua warga Indonesia positif terserang virus Corona. Kewaspadaan penyebaran virus booming di Wuhan, China itupun ditingkatkan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sanggau, Jones Siagian, menyebut virus tersebut sangat cepat menyebar. Bahkan hanya dalam waktu 15 menit sesorang bisa tertular jika melakukan kontak langsung dengan pengidap virus tersebut.

Foto---Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Jones Siagian
Foto—Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Jones Siagian

“Sampai hari ini virus ini belum ada obatnya. Makanya saya ingatkan pencegahan itu jauh lebih baik dari pada mengobati,” kata Jones kepada wartawan, Senin (2/3/2020).

Ada beberapa langkah yang efektif dalam mencegah terpapar penyakit, termasuk virus Corona, di antaranya mencuci tangan dengan benar. Cara ini adalah cara paling sederhana namun efektif mencegah penyebaran virus 2019-nCoV.

“Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku,” jelas Jones.

Selanjutnya, gunakan masker dengan benar saat beraktifitas. Meski cara ini tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Ketiga adalah menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit.

Selain itu, untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, serta makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

“Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona,” ungkapnya.

Terakhir adalah tidak pergi ke negara terjangkit dan tidak mengonsumsi hewan penular virus Corona.

“Intinya, biasakan prilaku hidup bersih dan sehat, itu saja. Jaga daya tahan tubuh karena penyakit ini belum ada obatnya. Pasien bisa sembuh tergantung seberapa kuat daya tahan tubuh pasien itu sendiri menghadapi gempuran virus ini. Kalau daya tahan tubuh kita kuat saya yakin bisa sembuh, tapi kalau sebaliknya itu yang kita khawatirkan,” ungkapnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *