Minggu , 21 Juli 2024
Home / NEWS / Paolus Hadi Impikan 1000 Keriang Bandong di Sungai Kapuas, MABM Siap Dukung

Paolus Hadi Impikan 1000 Keriang Bandong di Sungai Kapuas, MABM Siap Dukung

Foto---Ketua MABM Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan di acara Polres Sanggau Menyapa, Selasa (4/2/2020)---Kiram Akbar
Foto—Ketua MABM Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan di acara Polres Sanggau Menyapa, Selasa (4/2/2020)—Kiram Akbar

 
KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyebut keriang bandong sebagai kreativitas seni tinggi. Sayangnya selama empat tahun berjalan, festival keriang bandong di Kabupaten Sanggau ia nilai tak terlalu berkembang. Hal itu dilihat dari minimnya para peserta yang ikut.

“Tahun kemarin hanya mampu 20-an, pernah mencapai 60-an. Saya berharap lepas dari 100. Saya imbau orang-orang mudah, terutama orang seni. Ini kesempatan kalian berkreasi. Tunjukkan keriang bandong itu sesuatu budaya yang bagus,” kata PH, sapaan akrab Paolus Hadi, ditemui usai acara Polres Sanggau Menyapa, Selasa (4/2/2020) di halaman Pekong Tri Dharma.

PH menyebut festival keriang bandong hanya ada di Sanggau. Digelar di sungai. Di samping mengangkat budaya lama, tapi bisa dikombinasikan dengan perkembangan zaman.

“Kalau dulu orang pakai obor, damar, tapi sekarang pakai listri. Tapi bisa saja dikombinasikan,” ujarnya.

Dari sisi pengemasan, orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu bahkan membandingkan dengan acara Cap Go Me di Kota Singkawang, yang menampilkan hampir seribu tatung. Dan mendapat dukungan dari Pemkotnya.

“Saya tadi sudah katakan, ayo kita siap mendukung, tapi saya mau lihat animo. Dan ini bukan hanya keriang bandong milik orang Melayu. Milik masyarakat Sanggau. Sebelum melaksanakan keeriang bandong, ada unsur b udaya, bebuang segala macam yang dilakukan masyarakat Sentana. Tapi ketika menonton keriang bandong, saya lihat itu seni tinggi, dan perlu kreativitas generasi-generasi penerus,” bebernya.

Bahkan ia memimpikan jika festival keriang bandong bisa semeriah Cap Go Me di Kota Singkawang.

“Kalau tatung di Singkawang hampir seribu, kalau keriang bandong seribu di Sungai Kapuas ini. Saya tantang orang-orang Sanggau, tadi saya katakan, jangan apriori dan jangan sinis, tapi ayo terlibat,” ajaknya.
Gayung bersambut. Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan mengaku akan mendukung penuh upaya memeriahkan festival keriang bandong di hari jadi Kota Sanggau mendatang.
“Kita menyambut baik, kami dari MABM akan menyosialisasikan dengan masyarakat khususnya Melayu, apalagi anak-anak muda, agar ikut serta dalam festival keriang bandong. Karena keriang bandong ini kan identik dengan masyarakat Melayu. Jadi adanya keinginan beliau (Paolus Hadi) untuk membuat keriang bandong ini lebih meriah, atau bila perlu bisa lebih banyak dan memecahkan rekor MURI,” kata Budi Darmawan.

Jika sebelumnya peserta tak sampai 100 orang, tahun ini kata Budi, paling tidak bisa mencapai 200 atau 300 orang.

“Yang penting ini kan sosialisasinya kepada masyarakat. Soal biaya itu relatif. Kalau bentuknya kecil, sederhana bisa lebih murah,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinas PUPR Segera Cek Asrama Mahasiswa Kabupaten Sanggau di Pontianak

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *