Kamis , 20 Juni 2024
Home / NEWS / Kepala OPD Bertemu, Sistem Ini yang Bakal Ditiru Pemkab Sanggau dari Pemkot Pontianak

Kepala OPD Bertemu, Sistem Ini yang Bakal Ditiru Pemkab Sanggau dari Pemkot Pontianak

Foto---Sejumlah Kepala OPD Pemkab Sanggau menggelar pertemuan di rung Pontive Center Diskominfo Pontianak, Senin (13/1/2020)---Alfian Diskominfo Sanggau untuk Kalimantantoday.com
Foto—Sejumlah Kepala OPD Pemkab Sanggau menggelar pertemuan di rung Pontive Center Diskominfo Pontianak, Senin (13/1/2020)—Alfian Diskominfo Sanggau untuk Kalimantantoday.com

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sanggau menggelar pertemuan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, Senin (13/1/2020) di ruang Pontive Center Diskominfo Pontianak.

Para kepala OPD tersebut membahas kaji tiru penerapan tandatangan elektronik. Kadiskominfo Pontianak, Urai Indra Mulyana mengatakan ada sejumlah syarat sebelum penerapan sistem tersebut.

“Perlu adanya MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dan Walikota Pontianak. Setelah itu maka dilaksanakannya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta perlu adanya diskusi dan jika diperlukan magang, maka kami siap membantu,” kata Uray Indra.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pelayanan Elektronik dan Telematika Diskominfo Pontianak, Syamsul Akbar memperkenalkan aplikasi Jepin (Jendela Pontianak Integrasi).

“Aplikasi Jepin ini berisi aplikasi dan layanan online dengan konsep satu gapura (single portal). Berdasarkan enam pilar smart city Pontianak. Di dalam pilar ini dikategorisasikan lagi seperti: smart government, smart branding, smart environment, smart living, smart economy, dan smart society,” ungkap Syamsul.

Tertarik, Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Sanggau, Joni Irwanto mengaku Pemkab Sanggau akan mengadopsi sistem tersebut.

“Nantinya akan menyesuaikan dengan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) dari SKPD terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Moda dan PTSP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga meminta dukungan dari pemerintah kota,” katanya.

Senada diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Yulia Theresia. Pemkab Sanggau, kata Yulia, akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dan akan membentuk tim guna percepatan realisasi penggunaan tanda tangan elektronik.

“Agar pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan dengan cepat, maksimal dan dalam kondisi apapun. Misalnya, ketika pejabat penandatangan sedang berada di luar atau tidak ada di tempat,” kata dia.

BACA: Gubernur Tempatkan ASN Sesuai Kompetensi? Helsan: Merampot Jak!!!

Adapun Kepala OPD serta pejabat yang hadir dalam pertemuan itu adalah: Kadis Kominfo Kota Pontianak, Uray Indra Mulya, Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau, Joni Irwanto, Kepala Dinas Kominfo Sanggau, Yulia Theresia, Kepala BKPSDM Sanggau, Herkulanus, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sanggau, Alipius, Sekdis Dukcapil Sanggau, Niriu, Kabid Pelayanan Elektronik dan Telematika Dinas Kominfo Kota Pontianak, Syamsul Akbar, Kasi Pengolahan Informasi dan Persandian Dinas Kominfo Kota Pontianak, Henny Irawati, Kasi Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sanggau, Gusti Zulmainis, Kasi Layanan E-Government Dinas Kominfo Sanggau, Firman Firdal, Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Publikasi Dinas Kominfo Sanggau, Sari Ariani, Kasi Persandian, Agus Suandi, Kasi Keamanan Informasi Dinas Kominfo Sanggau, Maksima Kurniati. (Ram/Alfian Diskominfo Sanggau)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pelaku dan Korban Berdamai, Kejari Sanggau di Entikong Hentikan Tuntutan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau di Entikong Adi Rahmanto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *