Minggu , 3 Maret 2024
Home / NEWS / Resmi Dilantik Jadi Sekda, Ini yang Bakal Dilakukan Kukuh

Resmi Dilantik Jadi Sekda, Ini yang Bakal Dilakukan Kukuh

Pengambilan sumpan dan janji Kukuh Triyatmaka sebagai Sekda Sanggau definitif, oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, Jumat (27/12) di aula lantai I kantor Bupati Sanggau
Pengambilan sumpan dan janji Kukuh Triyatmaka sebagai Sekda Sanggau definitif, oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, Jumat (27/12) di aula lantai I kantor Bupati Sanggau

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Setelah melalui dua kali perpanjangan jabatan Pj. Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka resmi menjabat Sekda Kabupaten Sanggau setelah dipilih dan dilantik Bupati Sanggau Paolus Hadi di aula lantai I Kantor Bupati Sanggau, Jumat (27/12) siang.

Pengangkatan Kukuh sebagai Sekda definitif berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sanggau nomor: 821/200/BKPSDM.C tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau tahun 2019.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil open bidding atau seleksi terbuka jabatan Sekda Kabupaten Sanggau, ada tiga calon sekda yang lolos seleksi. Yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar Ignatius yang meraih peringkat pertama dengan total nilai 90,11. Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau H Jhon Hendri yang meraih peringkat tiga dengan total nilai 80,11. Kukuh yang dipilih Bupati berada di peringkat dua dengan total nilai 89,97.

Kukuh mengaku tak menduga bakal dilantik sebagai Sekda Sanggau. Ia mengaku baru mengetahui bakal dilantik pagi hari sebelum pelantikan.

“Saya ditelepon disuruh datang pakai jas,” katanya

Mantan Kepala Bappeda Sanggau ini pun mengaku siap menjalankan perintah bupati usai dilantik nanti.

“Pak Bupati kan punya target pembangunan daerah, tentu harus kita support secara administrasi pemerintahan. Sekda itu akan mengkoordinir SKPD-SKPD supaya bisa menjalankan pemerintahan dan melayani masyarakat lebih baik, lebih cepat dan tidak melanggar aturan. Ini perintah beliau (bupati) kan dan saya siap menjalankan itu,” kata Kukuh.

Ia berjanji akan menata reformasi birokrasi di Kabupaten Sanggau sesuai keinginan pemerintah pusat. Untuk itu, Pemkab Sanggau akan melakukan persiapan dan penyesuaian apa yang menjadi kebijakan nasional.

“Prinsipnya pemerintahan ini akan dijalankan untuk kesejahteraan masyarakat. Kalaupun pak Bupati ada program untuk kesejahteraan masyarakat maka fungsi saya sebagai Sekda tentu mensupport, mendukung atau memfasilitasi administrasi pemerintahan yang lebih baik dan lebih cepat dan juga sesuai aturan,” tutup Kukuh.

Sementara itu, Bupati Paolus Hadi mengungkapkan alasannya memilih Kukuh.

“Saya sudah melihat kemampuan saudara. Saya sudah melihat apa yang saudara lakukan. Yang jelas saya tidak merasa repot jadi bupati sehingga saya memilih saudara. Saya harapkan pertahankan itu. Singkat kata koordinasi diperkuat,” ucap PH, sapaan Paolus Hadi.

Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu juga meminta Sekda memastikan perencanaan APBD Kabupaten Sanggau bersama DPRD dan OPD yang bertanggungjawab bisa final dan bisa dijalankan dengan baik oleh OPD.

“Sekda harusnya tidak boleh tidur, bupati boleh tidur. Karena kalau Sekda tidur yang sengsara bupati. Dan saya merasakan selama enam bulan ini saya bisa tidur. Jangan sesudah definitif saya lalu tidak bisa tidur lagi,” pungkas PH. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau: Imlek dan Cap Go Me adalah Perayaan Arti Penting Persaudaraan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Perayaan Imlek dan Cap Go Me 2024 digelar halaman Mall Pelayanan Publik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *