Jumat , 19 Juli 2024
Home / LANDAK / Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Landak Sukses

Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Landak Sukses

58f4104d-2b1d-4561-88b4-bdf61b50e9e1

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak menggelar rapat evaluasi tahapan pemilihan umum serentak tahun 2019 selasa (27/11/2019). Rapat yang digelar disalah satu resto di Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak ini di buka langsung oleh Bupati Landak yang diwakili Staf Ahli Bupati Ocin.

Selain dihadiri seluruh Komisioner KPU Kabupaten Landak, rapat evaluasi tahapan pemilihan umum serentak tahun 2019 ini juga turut dihadiri unsur Frokopimda, Bawaslu Landak,  Tokoh masyarakat, Perwakilan Parpol, Perwakilan masing-masing Lintas etnis, serta para Awak media yang ada di Kabupaten Landak.

Bupati Landak  Karolin Margret Natasa melalui Staf Ahli Bupati Ocin mengkau sangat mengapresiasi dengan adanya rapat evaluasi  tahapan pemilihan umum serentak tahun 2019 yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Landak ini.

Melalui rapat yang digelar tersebut, Pemerintah daerah Kabupaten Landak berharap agar kedepan segala tahapan pemilu dapat dilakukan jauh lebih baik dari sebelumnya sehingga tidak ada persoalan yang terjadi dalam setiap tahapan yang dilaksanakan.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Landak mengapresiasi adanya evaluasi di pemilihan umum 2019, ini adalah suatu titik bahwa ada perubahan kearah yang lebih baik, jadi KPU sebagai penyelenggara mencari inspirasi supaya pelaksanaan pemilu kedepan jauh lebih baik dan tidak ada persoalan lagi,” jelas Staf Ahli Bupati Ocin.

Selain itu dalam kesempatan tersebut, Pemerintah daerah Kabupaten Landak juga turut mengusulkan agar kedepan peningkatan sumber daya manusia, terutama pada tataran PPK, PPS, dan KPPS dapat terus ditingkatkan dengan tidak memihak kepada salah satu calon yang berkompitisi dalam pemilu sehingga tugas yang diamanatkan dapat dilaksanakan secara profesional dan bertanggung jawab sehingga demokrasi yang berjalan dapat lebih bermutu serta dapat melahirkan pemimpin yang bermutu.

“Kami tadi mengusulkan agar peningkatan sumber daya manusia terutama pada tataran penyelenggara yang paling bawah, sumber daya manusianya kalau boleh yang berintegritasi tinggi, tidak mementingkan salah satu peserta pemilu, jadi dilaksanakan penuh professional dan tanggung jawab,” tambah Ocin

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Landak Herkulanus Yacobus mengaku sangat mengapresiasi atas kerjasama semua pihak, sehingga pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 dapat berjalan aman dan lancer.

Melalui rapat evaluasi tahapan pemilihan umum serentak tahun 2019 ini, ia berharap agar tahapan pemilu selanjutnya dapat berjalan jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu segala kekurangan serta kelemahan yang terjadi pada tahapan pemilu tahun 2019 ini menurut Yacobus akan menjadi atensi bagi pihaknya untuk dilakukan perbaikan.

“Terkait masukan dan saran yang disampaikan kami menyambutnya dengan sangat baik dan kami mengucapkan terima kasih atas saran dan pendapat itu, yang bersifat regulasi sarannya tentu ini akan sampaikan kepada pembuat regulasi dalam hal ini KPU RI, tetapi yang bersifat pelaksanaan teknis dilapangan tentu itu akan kita jadikan bahan evaluasi untuk pelaksanaan pemilu kedepan,” terang Herkulanus Yacobus.

BACA: Masa Pendaftaran CPNS Ditutup, Total Pelamar di Landak Capai 3.568

Terhadap penyelenggaran pemilu di Kabupaten Landak, Herculanus Yacobus mengatakan bahwa secara umum telah berjalan dengan baik dan aman, damai dan kondusif. Pihaknya juga mengaku sangat mengapresiasi jika ada peserta pemilu yang merasa tidak puas dan menyalurkan ketidakpuasan tersebut melalui saluran hukum yang sudah disediakan oleh konstitusi.

“Tekait ada riak, dan proses-proses sengketa saya rasa itu adalah bagian dari proses demokrasi,” tambah Yacobus.

Dalam kesempatan itu juga turut diberikan sejumah penghargaan kepada  pihak-pihak yang sudah terlibat dalam mensukseskan jalannya pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 sehingga pada pelaksanaan nya berjalan aman dan lancer (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Serapan Anggaran di Dinas PUPR Sanggau Baru 8,50 persen, Target 90 Persen Sampai Akhir Tahun

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Memasuki semester kedua tahun anggaran 2024, serapan anggaran di Dinas Pekerjaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *