Senin , 26 Februari 2024
Home / CULTURE / Pencucian Benda Pusaka Secara Massal di Malam Jumat

Pencucian Benda Pusaka Secara Massal di Malam Jumat

Pencucian Benda Pusaka Badik atau Cudik
Pencucian Benda Pusaka Badik atau Cudik

 

 

Data terakhir, yang sudah mendaftar sudah mencapai ratusan orang

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Untuk memperingati hari lahir (milad) pertamanya, Forum Komunikaai Orang Bugis (FKOB) Kalbar menggelar serangkaian kegiatan. Di antaranya pencucian pusaka (mattompang) secara massal di Taman Budaya, Kamis (28/11/2019) malam atau malam Jumat.

“Data terakhir, yang sudah mendaftar (untuk mengikuti prosesi mattompang ini-red) sudah mencapai ratusan orang,” kata Ardiansyah, Ketua FKOB Kalbar, ditemui di Ruang Fraksi PAN DPRD Provinsi Kalbar, Rabu (27/11/2019).

Ketua Umum DPW FKOB Kalbar, Ardiansyah
Ketua Umum DPW FKOB Kalbar, Ardiansyah

Jumlah tersebut tentu akan terus bertambah sampai malam pelaksanannya. “Masing-masing membawa benda-benda pusakanya dari berbagai daerah,” ujar Ardiansyah.

Ia menjelaskan, mattompang secara massal ini merupakan bagian dari peringatan Milad ke-1 FKOB yang akan dibuka Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Kapuas Dharma Pontianak, Kamis (28/11/2019) pukul 14.00 WIB. “Kegiatan diawali dengan Rakerwil yang akan dihadiri DPD FKOB se-Kalbar,” ungkap Ardiansyah.

Setelah Rakerwil dan mattompang, lanjut Ardiansyah, akan digelar Karnaval Budaya Bugis di Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat (29/11/2019) sore.

“Di waktu bersamaan akan dilakukan prosesi untuk mengawali musim menanam padi atau disebut mappalili. Penanaman benih pertama sesuai adat Bugis ini akan dilakukan Menteri Pertanian, di Kabupaten Kubu Raya,” ujar Ardiansyah.

Adapun puncak peringatan Milad ke-1 FKOB ini akan digelar pada Jumat malam. Menampilkan berbagai seni dan budaya Bugis. “Kalau masyarakat ingin melihat seperti apa seni dan budaya Bugis, inilah saatnya, semua akan ditampilkan,” ucap Ardiansyah.

BACA: Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan Festival Budaya Keraton Tayan

BACA: Darah Keluar Dari Hidung, Kushenariadi Ditemukan Tewas Tergeletak Dilantai

Pada malam puncak ini, tambah dia, selain dihadiri Menteri Pertanian dan Gubernur Kalbar, juga Mantan Wakil Presiden RI. “Kabar terakhir yang kami terima, Pak Joesoef Kalla (JK) akan datang,” tutup Ardiansyah.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejaksaan Negeri Sanggau Eksekusi Dua Terpidana Kasus Program Peremajaan Sawit Rakyat KUD Sinar Mulia

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau melakukan eksekusi pada dua terpidana dalam kasus penyimpangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *