Senin , 15 Juli 2024
Home / LANDAK / Tegas! Polres Landak Segel Lahan PT Condong Garut Yang Terbakar di Mandor

Tegas! Polres Landak Segel Lahan PT Condong Garut Yang Terbakar di Mandor

D6BA45C5-5CE1-4E85-BB04-775ECC36DB2C

 
KALIMANTAN TODAY, LANDAK- Polres Landak melakukan penyegelan terhadap lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Condong Garut yang berada di Desa Ngarak, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak rabu (18/09/2019). Penyegelan dilakukan buntut dari terbakarnya lahan seluas 50 hektar di areal perusahaan tersebut beberapa waktu lalu.

Pengecekan dan pemasangan spanduk larangan beraktivitas apapun di lokasi lahan perkebunan kelapa sawit PT CG, dipimpin langsung oleh Kapolres Landak, AKBP Ade Kuncoro Ridwan bersama Forkopimda Kabupaten Landak.

“Ini langkah penegakan hukum dalam penanganan Karhutla di PT CG, luas area lahan perkebunan yang terbakar diperkirakan 50 hektar,” Jelas Kasat Reskrim Polres Landak, Iptu Idris Bakara ditemui usai pengecekan lokasi PT. CG.

Kasat Reskrim juga menjelaskan bahwa penyegelan ini dilakukan guna mempermudah pihaknya untuk melakukan pengusutan dan penyelidikan kebakaran yang terjadi di PT. CG.

“Kami meminta juga pihak PT. CG agar tidak melakukan aktivitas di lokasi yang telah dipasang segel,” tambah Idris.

Saat ini, Unit Tipiter Satreskrim Polres Landak telah melakukan pencarian penanggung jawab perusahaan PT CG selaku pemilik lahan yang terbakar.

“Kami juga nantinya akan melakukan koordinasi dengan saksi ahli terkait, seperti BPN, Perkebunan, LH dan BMKG,” ujar Idris.

Sementara itu, Kapolsek Mandor Iptu Anuar syarifudin menambahkan pihaknya sudah berberapa kali melakukan pengecekan lokasi dan dengan peralatan seadanya melakukan upaya pemadaman namun karena luas areal dan sulitnya sumber air pemadaman tersebut terhambat.

“Kami akan terus berupaya membantu pihak polres Landak untuk melakukan penyelidikan guna mencari titik terang sumber api dan pelaku pembakaran lokasi tersebut,” tutupnya (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *