Jumat , 1 Maret 2024
Home / NEWS / Pj Sekda Sanggau di depan Pelajar: Jangan Mau Dikendalikan Bangsa Lain

Pj Sekda Sanggau di depan Pelajar: Jangan Mau Dikendalikan Bangsa Lain

Foto---Para perwakilan pelajar SMA/SMK se-Kota Sanggau hadir pada acara Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila, Selasa (27/8)
Foto—Para perwakilan pelajar SMA/SMK se-Kota Sanggau hadir pada acara Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila, Selasa (27/8)

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Pj Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka membuka secara resmi kagiatan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Hotel Garden Palace, Sanggau, Selasa (27/8).

Kegiatan yang diikuti perwakilan pelajar SMA/SMK se-Kota Sanggau ini merupakan upaya membudayakan kembali Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa, pandangan hidup dan filsafat hidup NKRI.

Kepala Badan Nilai-nilai Kebangsaan Provinsi Kalbar, Elisa Simanjuntak mengatakan, revitalisasi Pancasila berarti memahami dan menghayati nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Sedangkan aktualisasi berarti mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Seiring perkembangan jaman, nilai-nilai Pancasila kian beragam disikapi oleh Bangsa Indonesia, sehingga mempengaruhi pola pikir dalam menyikapi nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.
Semangat dan nilai tersebut, lanjut Elisa, semestinya sesuai dengan empat konsensus dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, Pj Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka menegaskan, Indonesia dikenal karena keberagaman. Sesekali bangsa Indonesia mendapat ujian, rongrongan dari negara lain dalam persaingan politik internasional dan perang ideologi.

“Indonesia jangan mau dikendalikan bangsa lain. Kita harus fokus membawa kemajuan bangsa kita sendiri,” timpalnya.
Kukuh menegaskan, bangsa Indonesia harus mampu menerapkan ideologi, nilai dan norma-norma luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini agar kita tidak mudah untuk disusupi paham-paham yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Dan persaingan globalisasi yang ingin melemahkan suatu bangsa yaitu salah satunya dengan narkoba, ekonomi, agama dan ideologi lainya,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau: Imlek dan Cap Go Me adalah Perayaan Arti Penting Persaudaraan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Perayaan Imlek dan Cap Go Me 2024 digelar halaman Mall Pelayanan Publik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *