Selasa , 5 Maret 2024
Home / BENGKAYANG / Indeks Desa Membangun Bengkayang Naik Signifikan

Indeks Desa Membangun Bengkayang Naik Signifikan

9f039a71-5463-413b-a20d-7c7d586e16ea

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015 – 2019 menargetkan pencapaian sasaran pembangunan desa dan kawasan perdesaan, yakni mengentaskan 5000 Desa Tertinggal dan meningkatkan sedikitnya 2000 Desa Mandiri
Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun bahwa IDM disusun untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menangani pengentasan Desa Tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri.

Indeks Desa Membangun adalah Indeks Komposit yang terdiri dari :
Indeks Ketahanan Sosial (IKS);
Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE); dan
Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL).

Kabupaten Bengkayang dengan jumlah 122 Desa telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan hal ini dapat dilihat dari banyak Desa yang terentaskan dari Sangat Tertinggal dan Tertinggal, bahkan ditahun. 2017 tidak ada Desa Mandiri di Bengkayang kemudian di tahun 2019 ada 3 Desa Mandiri di kabupaten Bengkayang.

Tabel

Meningkatnya IDM Kabupaten Bengkayang tersebut tentunya tidak boleh membuat Pemda Berhenti untuk berinovasi karena masih banyak tantangan yang ada ditingkat Desa diantaranya menjadikan BUMDes sebagai kekuatan ekonomi yang dapat meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Penyelenggara Desa.

Harapanya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Se Kalimantan Barat Memanfaatkan data dan informasi Indeks Desa Membangun sebagai salah satu basis dalam proses perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi pembangunan Desa.  Penulis: Philipus, SP (Deputi BPH AMAN Bengsibas)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Sebut Zakat Pranata Keagamaan untuk Tingkatkan Keadilan dan Kesejahteraan

      KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *