Kamis , 30 Mei 2024
Home / NEWS / Waspada Dampak Kemarau, Dinkes Sanggau Surati Seluruh Puskemas, Ini Isinya..

Waspada Dampak Kemarau, Dinkes Sanggau Surati Seluruh Puskemas, Ini Isinya..

Surat dari Dinkes Sanggau yang ditujukan ke seluruh Puskesmas
Surat dari Dinkes Sanggau yang ditujukan ke seluruh Puskesmas

 

 
KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kemarau yang melanda dalam beberapa bulan belakangan, belum ada tanda-tanda akan berakhir. Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau pun melayangkan surat ke seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Sarimin, Kabid P2PL Dinkes Sanggau
Sarimin, Kabid P2PL Dinkes Sanggau

“Kita menyurati semua Puskesmas untuk waspada dalam menghadapi musim kemarau,” kata Sarimin Sitepu, Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL) Dinkes Sanggau, Senin (12/8).

Dari surat yang ditandatangani Kepala Dinkes Sanggau, Jones Siagian tersebut, Puskesmas diminta untuk melakukan tujuh hal, yaitu : Pertama, menyosialisasikan dampak buruk darikabut asap da kekeringan akibat musim kemarau terhadap kesehatan, terutama ganguan pada sistem pernafasan, sistem pencernaan dan konjungtivitis pada masyarakat terutama pada kelompok yang rentan terkena penyakit.

Kedua, memberikan penyuluhan kepada masyarakat luas. Ketiga, memantau peningkatan kasus diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) baik laporan mingguan dan bulanan program. Keempat, meningkatkan surveilans penyakit dan melaporkan kasus ISPA mingguan setiap hari Selasa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau. Kelima, melakukan upaya tindakan cepat berupa pengobatan dan upaya pengendalian penyakit jika diketemukan peningkatan kasus yang mengarah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB). Keenam, menyagakan logistik guna penanggulangan diare dan ISPA. Ketujuh, jika terjadi KLB segera melapor.

“Kalau untuk peningkatan kasus diare, belum ada,” tutup Sarimin. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *