Selasa , 5 Maret 2024
Home / NEWS / Hadapi Revolusi Industri 4.0 dengan Optimis

Hadapi Revolusi Industri 4.0 dengan Optimis

Suriansyah
Suriansyah

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–
Setelah menjalani masa-masa serba mekanik, produksi massal, dan komputerisasi, kini dunia memasuki Revolusi Industri 4.0 yang mau tidak mau harus dihadapi dengan optimis.

“Revolusi Industri 4.0 ini bersifat global dan tidak bisa dihindari. Kita hanya bisa menyesuaikan diri untuk menghadapinya,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Kalbar, kepada wartawan, Kamis (25/07/2019).

Menurut Suriansyah, Provinsi Kalbar dihadapkan pada keadaan kurang terlatih dan terdidiknya tenaga kerja untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. “Itu menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar,” katanya.

Ketua DPD Partai Gerindra Kalbar ini menilai, Pemprov Kalbar harus segera menyiapkan generasi-generasi muda sedini mungkin, supaya mereka mampu menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang familiar terhadap Revolusi Industri 4.0 ini, menurut Suriansyah, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. “Namun harus kita hadapi dengan optimis,” ajaknya.

Suriansyah mengatakan, kaum millenial yang familiar dengan internet tentunya menjadi tenaga kerja potensial di era Revolusi Indusri 4.0 ini. Tetapi, masih banyak di antara mereka belum terarah dengan baik.

Tidak dapat dimungkiri, kebanyakan kaum millenial sebatas sebagai konsumen, ikut-ikutan, dan belum berkontribusi positif bagi kemajuan daerah.

Kondisi tersebut menuntut para pihak untuk membina kaum millenial, supaya mereka lebih produktif dan menyokong pembangunan di Kalbar sesuai dengan kemampuannya masing-masing.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Sebut Zakat Pranata Keagamaan untuk Tingkatkan Keadilan dan Kesejahteraan

      KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *