Sabtu , 25 Mei 2024
Home / NEWS / Kominfo Gaet Pemilih Pemula Dan Perempuan

Kominfo Gaet Pemilih Pemula Dan Perempuan

Kominfo Gaet Pemilih Pemula Dan Perempuan
Freddy Tulung, Tenaga Ahli Menteri Kominfo

KALIMANTAN TODAY. PONTIANAK – Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Universitas Tanjung Pura mengadakan sosialisasi untuk pemilih pemula dan perempuan. Hal ini.dilakukan untuk, mendorong

peningkatan partisipasi pemilih pemilu serentak yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang. Sabtu (23/02/2019) di Pontianak.

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Kementerian Kominfo, Bambang Gunawan mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk mencapai target partisipasi pemilih secara nasional mencapai 77,5 persen.

“Yang kami lakukan sekarang adalah, mendorong supaya target tersebut bisa tercapai. Jadi kami mengadakan sosialisasi, tidak hanya di kalangan mahasiswa, tetapi juga kelompok-kelompok lain”, ujar Bambang.

Bambang menambahkan, di beberapa tempat, Kementerian Kominfo sudah mengadakan sosialisasi.

“Minggu lalu di Singkawang, kami melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat adat dan penyandang disabilitas,” papar Bambang.

Bambang menjelaskan, Kementerian Kominfo menargetkan melakukan sosialisasi terkait ajakan pada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, yang hingga kini sudah dilakukan di beberapa tempat, intinya di luar Pulau Jawa.

“Kami masih akan mengadakan sosialisasi di Palembang dan Makassar,” ujar Bambang.

Senada dengan Freddy Tulung, Tenaga Ahli Menteri Kominfo ini menjelaskan, kegiatan sosialisasi dilatari oleh Memorandum of Understanding (MoU) antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Kementerian Kominfo.

Freddy menjelaskan, Kementerian Kominfo menyiapkan program bekerjasama dengan beberapa pihak.

“Yang pertama, tentu bekerjasama dengan pihak media, kedua dengan kampus dan ketiga, dengan kelompok-kelompok masyarakat strategis,” ungkap Freddy.

Menurut Freddy, sosialisasi ini berlaku secara umum tetapi ada juga penekanan –penekanan tertentu. Sebagai contoh, untuk Pontianak ini ditujukan untuk kelompok milenial serta perempuan.

“Target kami, membantu sosialisasi KPU untuk mengejar target tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemilu secara nasional mencapai 77,5 persen,” ujar Freddy.

Acara sosialisasi pemilu 2019 untuk pemilih pemula dan perempuan di Pontianak menghadirkan narasumber dari Kementerian Kominfo yakni Freddy Tulung, Tenaga Ahli Menteri Kominfo dan Tenaga Ahli Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu. Acara sosialisasi juga menghadirkan Ketua KPU Kota Pontianak, Deni Nuliadi dan Jurnalis Perempuan Khatulistiwa, Aseanti Pahlevi.

Acara diikuti oleh mahasiswa Universitas Tanjung Pura dan perwakilan sejumlah organisasi perempuan di Pontianak. Melalui acara sosialisasi, pemilih pemula mendapatkan berbagai  penjelasan terkait pentingnya menggunakan hak pilih dan mendapatkan penjelasan tentang tata cara pengunaan hak pilih pada Pemilu serentak 2019. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pentas Seni Sang Suanang Sukses, Pj Bupati Sanggau Beri Apresiasi

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pentas seni Sanggar Sang Suanang yang digelar Sabtu (18/05/2024) malam di Gedung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *