Selasa , 28 Mei 2024
Home / LANDAK / 86 Calon Relawan Demokrasi Ikuti Seleksi Wawancara di KPU Landak

86 Calon Relawan Demokrasi Ikuti Seleksi Wawancara di KPU Landak

 Para peserta tes calon relawan demokrasi saat mengisi daftar hadir di Kantor KPU Landak.
Para peserta tes calon relawan demokrasi saat mengisi daftar hadir di Kantor KPU Landak. FOTO/Kar

KALIMANTAN TODAY, LANDAK- Sebanyak 86 Calon Relawan Demokrasi mengikuti seleksi wawancara di Kantor KPU Kabupaten Landak. Seleksi wawancara digelar KPU Landak selama dua hari dari jumat 18 hingga sabtu 19 Januari 2019.

“Jumlah yang kita perlukan sesuai jumlah junis relawan itu sebanyak 55 orang, nah sekarang jumlah pendaftar itu ada 86 orang jadi mesti ada yang kita seleksi,” kata Katua KPU Landak Herkulanus Yacobus Sabtu (19/1).

Herkulanus menambahkan hal-hal yang menjadi pertanyaan pada setiap peserta yang mengikuti tes wawancara terkait apa yang ada di diri mereka.

“Yang utama yang kita cari, paling tidak mereka yang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan publik dengan baik,” tambahnya.

Ia berharap melalui tes wawancara bagi para calon peserta relawan demokrasi ini pengetahuan dasar tentang kepemiluan sudah mereka kuasai karna hal tersebut penting ketika para relawan bersosialisai dengan masyarakat.

” jadi mesti tau tentang pengetahuan dasar pemilu,” ketusnya.

Usai di lakukannya seleksi terhadap 86 calon relawan demokrasi ini, KPU Kabupaten Landak nantinya hanya akan menyaring 55 peserta yang dinyatakan lolos dalam tahap seleksi.

“Selanjutnya para relawan akan dibekali dengan Bimtek untuk menajamkan pengetahuan para relawan,” ucapnya.

Herculanus juga berharap agar para relawan yang nantinya dinyatakan lolos tahapan seleksi, selanjutnya dapat bekerja sesuai tugas yang diberikan. Terutama dalam membantu KPU untuk mensosialisasikan dan mengajak partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu 2019.

“Jadi relawan ini kan bekerja, tanpa harus memandang berapa yang ia dapat, dan apa yang ia dapat artinya kita sama-sama mensukseskan pemilu. Motifasi itu yang harus ada didalam diri relawan,”tambahnya.

Sementara Edo salah seorang peserta yang juga ikut dalam tes seleksi wawancara di Kantor KPU Landak mengaku optimis dapat lulus seleksi yang digelar KPU Landak tersebut.

“Motifasi saya dalam mengikuti tes ini ingin ikut berpatisipasi dalam pesta demokrasi,”kata Edo.

Ia pun menaruh harapan dapat lulus dalam tes seleksi calon relawan demokrasi yang digelar oleh KPU Kabupaten Landak ini.

“Pemilih pemula ini kan baru, jadi jika saya lulus nantinya kita bersama-sama KPU akan mensosialisaikan tahapan pemilu kepada masyarakat. Agar semakin banyak masyarakat yang ikut berpatisipasi dalam pesta demokrasi ini,” tutupnya. (Kar)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Deklarasikan ODF, Bupati Sis Ajak Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mendeklarasikan Desa Stop Buang Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *