Minggu , 21 Juli 2024
Home / EKONOMI / Luar Biasa, Petani Cabai di Sanggau Raup Rp 175 Juta Perbulan

Luar Biasa, Petani Cabai di Sanggau Raup Rp 175 Juta Perbulan

Panen cabai di Desa Menyabo pada Minggu (25/11)
Panen cabai di Desa Menyabo pada Minggu (25/11)
SANGGAU – Hasil bertanam cabai sepertinya tak bisa dipandang sebelah mata. Prospeknya cukup menjanjikan. Contohnya petani cabai di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau. Pada Minggu (25/11) kemarin, mereka sukses memanen cabai hingga 1,3 ton sekali panen. Sebulan bisa lima kali panen.
“Ini sudah panen yang ke lima. Karena satu kali panen lima hari sekali. Kalau dihitung-hitung, katakanlah petani memanen 1,3 ton dikalikan lima kali panen dikalikan harga yang dibeli pengusaha Rp 27 ribu perkilo, maka petani akan memperoleh Rp 175.500.000 dalam lima kali panen. Itu untung besar sudah,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, Ir. John Hendri, Senin (26/11).
Kadishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, Ir. John Hendri
Kadishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, Ir. John Hendri
John mengatakan jumlah tersebut dihasilkan dari satu kelompok tani. Satu kelompok tani, kata dia, terdiri dari 10-15 orang. “Kalau hasilnya segitu (Rp 175,5 juta, red) kan tinggal mereka bagi, berapa satu orang. Belum lagi mereka kan pasti dapat dari pekerjaan lain juga, seperti padi atau hasil pertanian lainnya,” katanya.
Terlebih harga Rp 27 ribu perkilo, kata John, adalah harga ambil ditempat. Artinya para pembeli yang datang, sehingga para petani tak perlu mengeluarkan ongkos angkut untuk menjual hasil panen mereka. “Untuk sekarang pemasarannya dibawa ke Pontianak,” ujar John.
Dikatakannya, kesuksesan tanaman cabai di Menyabo bisa menjadi pemacu semangat para petani untuk bercocok tanam. Ia berjani akan mengembangkan tanaman ini ke Kecamatan Sekayam dan Entikong. “Dari sisi kultur dan tanah cocok untuk tanaman cabai, begitu juga dengan daerah di kota Sanggau yang saat ini sudah dilakukan namun masih spot-spot,” terangnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinas PUPR Segera Cek Asrama Mahasiswa Kabupaten Sanggau di Pontianak

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *