Selasa , 28 Mei 2024
Home / NEWS / Per April 2024 Tercatat 318 Gigitan Hewan, Vaksinasi Fokus ke Perbatasan

Per April 2024 Tercatat 318 Gigitan Hewan, Vaksinasi Fokus ke Perbatasan

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau, Ambisu Anton mengungkapkan, hingga April 2024, tercatat sebanyak 318 kasus gigitan hewan penular rabies (HPR). Namun ia menegaskan tak satupun positif tertular rabies.

Anton mengungkapkan, kasus rabies mulanya terdeteksi di Kabupaten Landak. Untuk itu, langkah pencegahan penularan di Sanggau, Disbunnak telah melakukan vaksinasi menyeluruh di daerah perbatasan dengan Kabupaten Landak.

“Selanjutnya ini kita akan fokus ke kawasan perbatasan Malaysia di Kecamatan Entikong. Kita khawatir takutnya karena ini kan beranda,” ungkap Anton

Dalam pelaksanaan vaksinasi di lapangan, Anton mengakui banyak sekali kendala teknis. Terutama sikap tidak kooperatif dari pemilik hewan yang akan divaksin.

Dia sangat berharap masyarakat pemilik hewan bisa bekerja sama dengan pihaknya dalam proses penyuntikan vaksin. Dengan respon landai dari masyarakat ini, dikhawatirkan upaya pengendalian rabies ini bakal lama.

“Kalau melihat dari kasus yang ada ini kan masih potensinya masih akan terus berkembang,” ucap Anton.

Padahal Pemda Sanggau menargetkan pada 2024 kasus GHPR mampu dientaskan. Paling tidak, diturunkan. Salah satu strateginya, turun langsung ke lingkungan masyarakat dan melakukan vaksinasi langsung kepada hewan dilingkungannya. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …