Minggu , 26 Mei 2024
Home / NEWS / Pemda Sanggau Anggarkan Rp. 62 Miliar untuk Pilkada 2024, Ini Rinciannya

Pemda Sanggau Anggarkan Rp. 62 Miliar untuk Pilkada 2024, Ini Rinciannya

Foto—Kepala Kesbangpol Linmas Kabupaten Sanggau, Antonius

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sanggau tahun 2024, telah dimulai. Pemerintah Daerah (Pemda) Sanggau pun telah menyiapkan anggarannya. Total sekitar Rp.62 miliar.

Kepala Badan, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau, Antonius menjelaskan dana tersebut berasal dari dana hibah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sanggau 2023 dan 2024.

“Anggaran tidak ada persoalan, artinya Pemerintah Daerah melalui APBD kita telah menyiapkan anggaran untuk Pilkada,” kata Antonisus.

Dari anggaran sebesar itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapat jatah paling besar, Rp.42 miliar. Disusul Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp.14 miliar, Polri Rp.5 miliar dan TNI Rp.1 miliar.

Saat ini, kata Antonius, pemerintah telah mentransfer anggaran penyelenggaraan Pilkada sebesar 40 persen di tahun 2023. Selanjutnya, sisa 60 persen baru bisa digunakan minimal lima bulan sebelum Pilkada 2024.

“Berkaitan dengan aturan yang mengatur bahwa secara khusus untuk Pilkada penganggaran itu diberikan secara dua tahap. Tahap pertama diberikan kemarin tahun 2023 tahap kedua diberikan tahun 2024,” tutupnya. (Ram).

Tentang Redaksi

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …