Minggu , 26 Mei 2024
Home / NEWS / Ambil Formulir Pendaftaran ke PDIP dan PAN, Zulkarnain: Wait and See, Kita Harus Realistis

Ambil Formulir Pendaftaran ke PDIP dan PAN, Zulkarnain: Wait and See, Kita Harus Realistis

Foto—Didampingi Ketua DPC Partai Nasdem Sanggau, Andreas Sisen, Zulkarnain mengambil berkas bakal calon Bupati Sanggau di Sekretariat DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sanggau, Senin (22/04/2024)—Kiram Akbar

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Sanggau, Zulkarnain kembali mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati Sanggau periode 2024-2029 ke DPD Partai Amanat Nasional (PAN), Senin (22/04/2024) sekitar pukul 14.00.

Sebelumnya di hari yang sama, sekitar pukul 10.00, calon anggota legislatif (Caleg) periode 2024-2029 terpilih Partai Nasdem tersebut juga mengambil formulir pendaftaran ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sanggau. Hanya saja di partai berlambang banteng moncong putih itu, Zulkarnain mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Wakil Bupati.

Zul, sapaan akrab Zulkarnain mengaku mengambil formulir yang berbeda lantaran pertimbangan perolehan kursi di Pileg 2024 lalu. Seperti diketahui PDIP keluar sebagai pemenang dengan memperoleh sembilan kursi.

“Kalau berkoalisi dengan PDIP kita tentu realistis, cara berhitungnya. PDIP punya sembilan kursi. rasa-rasanya tidak realistis ketika kita mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati,” ungkap Zul, Senin (22/04/2024).

“Kalau di PAN kami sadar perolehan di Pileg 2024 ada tiga kursi. sedangkan kami dari Partai Nasdem ada empat kursi. Jadi rasa saya bukan sebuah angan-angan untuk kami meminang PAN untuk berkoalisi bersama kami, dan saya sebagai Bakal Calon Bupati Sanggau,” sambungnya.

Zul pun mengaku siap jika Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) mewajibkannya harus mundur dari kursi legislatif.

“Karena kita melihat potensi dan peluang. Akan ada perhitungan-perhitungan melalui survei dan lain-lain untuk kami berhitung realistik mengenai kemungkinan menang atau tidak. Termasuk konsekuensi yang harus dihadapi yakni mundur dari legislatif,” terangnya.

HIngga saat ini, Zul mengaku belum memiliki gambaran siapa yang akan mendapinginya maju di PIlbup Sanggau 2024. Lagi-lagi ia mengatakan hal itu mesti diukur melalui hasil survei independen.

“Kita masih wait and see. Kita masih lihat peluangnya. Ini bukan soal siapa pasangan dengan siapa, tapi tentang pasangan mana yang akan menang. Tidak ada kriteria pasti mengenai siapa pasangan, yang pasti semua berdasarkan hasil survei dan rapat internal kami dari Partai Nasdem,” pungkas Zul.

Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Sanggau, Andreas Sisen menegaskan, partainya membukan peluang selebar-lebarnya untuk berkoalisi dengan partai manapun.

“Kita dari Partai Nasdem, dengan jumlah empat kursi ini ingin kader kita maju. yang punya potensi tentu dan memenuhi beberapa kriteria. Jadi tidak sembarangan mendorong kader. Kita sudah menilai itu semua,” kata Sisen.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Sanggau, Ade Abdurahman mengatakan pembukaan penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sanggau periode 2024-2029 dimulai 20-29 April 2024.

“Yang jelas kita menindanglanjuti hasil Rakorwil, bahwa kita sudah mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang diawali tanggal hari ini sampai 29 April. Kemudian penyerahan berkas di DPW dari 30 April sampai 4 Mei 2024,” kata Ade Abdurahman. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …