Sabtu , 20 April 2024
Home / KAPUAS HULU / Pemkab Kapuas Hulu Apresiasi Pemprov Kalbar Gelar Gerakan Pangan Murah

Pemkab Kapuas Hulu Apresiasi Pemprov Kalbar Gelar Gerakan Pangan Murah

Pj Gubernur Kalbar, Harisson

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, membuka Gerakan Pangan Murah (GPM), di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (05/03/2024).

GPM tersebut digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kalbar.

Dalam GPM tersebut, Pemprov Kalbar menjual bahan kebutuhan pokok berkualitas dengan harga yang terjangkau. Bahkan, Pemprov Kalbar memberikan diskon hingga 25 persen dari harga pasar.

Menurut Harisson, saat ini harga pangan di Kalbar terus mengalami peningkatan, di mana hal tersebut dipicu karena Kalbar berada di masa panen sebelumnya sehingga harga barang juga mengalami kenaikan, ditambah lagi dengan musim elnino yang membuat negara lain mengurangi ekspor beras ke Indonesia. Sementara, pendapatan masyarakat tidak naik.

“Apalagi sebentar lagi kita akan menyambut bulan puasa dan lebaran,” kata Harisson.

Harisson menjelaskan, saat ini di pasar harga beras premium sudah ada yang mencapai Rp20 ribu per kilogram, sementara beras SPHP Rp11. 500 per kilogram.

“Makanya kita diminta untuk mengendalikan inflasi. Hari ini 600 paket kita jual dengan harga murah dalam kegiatan GPM dan ini tentuya lumayan membantu walaupun jumlah 600 paket tentunya masih sedikit untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, mewakili Pemerintah Daerah setempat, mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas perhatian dari Pemerintah Provinsi Kalbar, yang telah mengadakan GPM tersebut untuk membantu masyarakat Kapuas Hulu.

“Setiap memasuki hari besar keagamaan, barang-barang akan mengalami kenaikan harga sehingga ini selalu menjadi keluhan masyarakat. Oleh karena itu tentunya GPM yang diadakan Pemprov Kalbar ini sangat membantu masyarakat,” terang Sekda. (Noto)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …