Sabtu , 20 April 2024
Home / NEWS / Diprediksi Hujan Lebat, BPBD Sanggau Minta Masyarakat Waspada Bencana

Diprediksi Hujan Lebat, BPBD Sanggau Minta Masyarakat Waspada Bencana

Foto—Plt. Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai guntur atau kilat dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di wilayah Kalimantan Barat, pada 7-13 Maret 2024.

“Ini hasil analisa dan prospek dari BMKG cuaca di Kalimantan Barat update tanggal 6 Maret 2024 jam 17.10. Berdasarkan peta sebaran hujan Kalbar tanggal 5 Maret 2024 jam 07.00 sampai 6 Maret 2024 jam 07.00,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan.

“Sebagian besar hujan terjadi di Kalbar didominasi intensitas sedang hingga lebat. Namun terdapat wilayah yang mengalami hujan dengan intensitas sangat lebat yaitu sebagian kabupaten dan kota Bengkayang, landak, Sanggau, Kapuas Hulu,” rincinya.

Budi mengungkapkan, pada pekan sebelumnya hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah titik di Kabupaten Sanggau mengalami longsor serta pohon tumbang dan mengalami pergeseran tanah

“Seperti yang terjadi di Jalan RE Martadinata Gang Mekar dan Gang Bhineka, Gang Batu Ampar kita Sanggau mengalami longsor serta sumbat gorong-gorong yang mengakibatkan menggenangi rumah warga,” sebut Budi.

“Memang prediksi dari BMKG berpotensi memasuki ekstrem. Dan potensi terjadinya seperti tanah longsor, bencana banjir dan lainnya,” Tambahnya.

Mengingat cuaca mulai ekstrem1 Budi Darmawan mengimbau masyarakat Kabupaten Sanggau selalu waspada dengan terkait potensi bencana yang akan terjadi.

“Terutama masyarakat yang berdomisili di daerah-daerah yang rawan bencana seperti warga di pesisir sungai serta di kawasan perbukitan,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …