Sabtu , 20 April 2024
Home / KAPUAS HULU / Bupati Kapuas Hulu Resmikan Ruas Jalan Sibau Hulu – Potan

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Ruas Jalan Sibau Hulu – Potan

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan ruas jalan Perjuangan Tanjung Lasa Sibau Hulu – Potan, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (27/02/2024).

Pada kesempatan itu, Bupati Fransiskus Diaan menyatakan, kelancaran konektivitas dan akses jalan akan membuat mobilitas barang jasa dan orang akan menjadi semakin efisien.

“Daya saing akan semakin meningkat dan membangkitkan ekonomi dengan telah dibangunnya ruas jalan ini,” ujarnya.

Menurutnya ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang baik, merupakan pendukung pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial masyarakat, salah satu yang penting bagi masyarakat yakni tersediannya jalan dan jembatan yang baik.

“Berdasarkan keputusan Bupati Nomor 1158 tahun 2023, yang menjadi tanggung jawab Dinas PUPR yakni jalan Kabupaten dengan panjang 1.106,148 kilometer, terdiri dari 146 ruas jalan Kabupaten dan desa, dengan total panjang 878,979 kilometer terdiri dari 124 ruas jalan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah melakukan penanganan jalan dan jembatan dengan mengupayakannya melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bantuan Keuangan Provinsi.

“Tahun 2023 lalu untuk Dana Bantuan Keuangan Provinsi Kalimantan Barat memperoleh alokasi pada empat ruas jalan, salah satunya yaitu ruas jalan Sibau Hulu – Potan Kecamatan Putussibau Utara dengan alokasi dana Rp16 miliar,” jelasnya.

Bupati menyebut, ruas jalan Sibau Hulu – Potan Kecamatan Putussibau Utara merupakan ruas jalan Kabupaten (Nomor Ruas 135) berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 1158 Tahun 2023 di mana, ruas jalan dengan panjang 13,490 kilometer tersebut menjadi ruas jalan yang sangat penting bagi Kabupaten Kapuas Hulu karena merupakan akses menuju Desa Tanjung Lasa.

“Pada tahun 2023 lalu melalui Dinas PUPR setempat telah dilakukan penanganan ruas jalan Sibau Hulu – Potan Kecamatan Putussibau Utara dengan penanganan berupa pekerjaan rigid beton sepanjang 2,232 kilometer. Saya berharap masyarakat yang ada di Kecamatan Putussibau Utara ini dapat memanfaatkan jalan ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. (Noto)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …