Selasa , 28 Mei 2024
Home / NEWS / Tingkatkan Kompetensi Kader, Dinkes Sangau Gelar Workshop Posyandu

Tingkatkan Kompetensi Kader, Dinkes Sangau Gelar Workshop Posyandu

Foto—Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting memberi sambutan pada acara Workshop Posyandu, Senin (23/10/2023) di aula Dinas Kesehatan Sanggau—ist

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau menggelar worksop kader Posyandu, Senin (23/10/2023) di aula Dinkes Sanggau. Acara dibuka langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting.

Ditemui usai acara, Ginting mengatakan, Workshop Posyandu bertujuan meningkatkan kompetensi kader Posyandu. Acara tersebut menghadirkan lima perwakilan kader dari setiap kecamatan maupun dari 19 Puskesmas se-Kabupaten Sanggau.

“Kader ini merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat, sehingga kompetensinya memang harus ditingkatkan. Diharapkan kader ini mampu menjadi perpanjangan tangan pelayanan kesehatan juga mendukung gerakan masyarakat (Germas),” kata Ginting ditemui di ruang kerjaya, Senin (23/10/2023).

Ginting mengakui jika jumlah tenaga kesehatan, terutama di desa-desa masih terbatas. Sering kali tenaga kesehatan di desa melaksanakan program-program yang berhubungan dengan masyarakat tanpa dibantu kader.

“Maka hari ini supaya mutu pelayanan kesehatan itu bisa ditingkatkan, dilakukan workshop dalam rangka meningkatkan kapasitas kader,” ujarnya.

Dalam workshop kali ini, Ginting mengatakan secara khusus para kader diberikan: Pertama, pemahaman terkait pelayanan Posyandu ke depan dalam rangka transformasi layanan kesehatan. Kedua, dalam hal melakukan penimbangan. Saat ini penimbangan bayi dan balita telah menggunakan antropometri.

“Jadi ada peningkatan kapasitas dalam hal penimbangan, karena hasil penimbangan ini sangat menentukan program berikutnya,” ungka Ginting.

Ketiga, kunjungan rumah. Kader Posyandu juga dilatih melakukan kunjungan rumah-rumah, karena kunjungan masyarakat ke Posyandu itu belum maksimal. Hanya sekitar 60 persen. Sementara harapannya 80-90 persen masyarakat ke Posyandu.

“Kunjungan rumah ini memang harus dilakukan. Tidak hanya masyarakat ke Posyandu, tapi kader juga mendatangi masyarakat,” pungkasnya.
Ginting berharap para kader yang telah dilatih oleh nara sumber dari tenaga Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten dan Provisi dapat membagi pengetahuannya kepada kader-kader yang lain. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …