Sabtu , 25 Mei 2024
Home / NEWS / Pesan Bupati Paolus Hadi di Acara Malam Badendang: Kita Adalah Pasak!

Pesan Bupati Paolus Hadi di Acara Malam Badendang: Kita Adalah Pasak!

Foto—Mengenakan pakaian adat Minang, Bupati Sangau, Paolus Hadi beserta istri, Arita Apolina tiba di GPU, tempat acara Malam Badendang, Sabtu (21/10/2023)—Kiram Akbar

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau, Paolus Hadi bersama istri, Arita Apolina menghadiri acara Malam Badendang yang digelar Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau, Sabtu (21/10/2023) malam, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Balai Betomu Kota Sanggau.

PH, sapaan Paolus Hadi, beserta istri disambut Ketua Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau, Akmal, Ketua IKSB Kalbar, Sini Amirusdi Djamal, jaran Forkompimda, para ketua paguyuban, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kabupaten Sanggau.

PH dan istri juga disambut tarian khas Sumatera Barat sebelum memasuki ruangan acara Malam Badendang yang sudah dipadati ratusan orang dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya membuka acara tahunan itu, PH mengatakan Malam Badendang kali ini adalah yang terakhir ia hadiri dalam kapasitasnya sebagai Bupati Sanggau lantaran masa jabatannya segera berakhir.

“Puji Tuhan, alhamdulillah ini yang terakhir. IKSB menggelar Malam Badendang. Dan tadi saya dengar dari Ketua IKSB yang baru dikukuhkan, ini yang datang dari seluruh kecamatan,” kata PH.

Selama pemerintahannya, Malam Badendang kali ini adalah merupakan ketiga kalinya digelar. Pada kesempatan itu, PH juga mengingatkan agar orang Sanggau keturunan Minang dapat menjadi pemersatu.

“Sekali lagi, tadi kita menyanyikan mars Kota Sanggau. Liriknya saya yang menciptakan, dan saya ingatkan bahwa kita ini adalah pemersatu Sanggau. Kita adalah pasak. Pasak itu yang ditancap kuat. Keberagamaan itu harus indah di hati Orang Sanggau. Satu cinta maju bersama,” terang orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu.

Di kesempatan itu pula, Ketua IKSB Provinsi Kalbar, H Amirusdi Djamal menitip pesan kepada Bupati Paolus Hadi tak sungkan menegur jika ada orang Sanggu keturunan Minang yang berbuat kesalahan.

“Sebab kalau bapak biarkan ada kekeliruan dan kesalahan di antara kami, orang Minangkabau yang ada di Kabupaten Sanggau tentu kekeliruan-kekeliruan akan berlangsung. Sebagai abang tertua yang ditinggikan seranting, didahulukan selangkah, memohon kepada bapak, ada tegur sapa saudara kami khususnya orang Sanggau yang bersuku Minang atau Sumatera Barat,” pinta H Amirusdi Djamal.

Ia juga meminta IKSB Kabupaten Sanggau untuk bekerja-sama dengan Pemda Sanggau. Satu di antaranya adalah ikut serta menangani stunting.

“Bagaimana membantu meminimalisasi stunting yang ada di Sanggau. Kalau di Kota Pontianak urusan Pontianak. Minimal tolong diperhatikan saudara kita Minang yang menderita stunting. Itu salah satu cara membantu Pak Paolus Hadi sebagai Bupati Sanggau,” pungkasnya.

Ketua IKSB Kabupaten Sanggau, Akmal mengatakan Malam Badendang kali ini mengusung tema “Kebersamaan” (Bassamo Mangko Ka Jadi). Tema tersebut merupakan bentuk keinginan dari IKSB Kabupaten Sanggau untuk melanjutkan apa yang selama ini telah dilalui dan dirasakan selama pemerintahan Bupati Paolus Hadi.

“Kebersamaan memang sering menghasilkan berbagai solusi bagi permasalahan hidup. Bahkan, masalah sulit sekalipun bisa dicari solusinya ketika dihadapi bersama. Selain tema di atas kami juga ingin menekankan tentang rasa solidaritas sesama masyarakat sesuai tagline kami yaitu Ka Lurah Samo Manurun, Ka Bukik Samo Mandaki. Maknanya adalah segala sesuatu harus ditanggung bersama-sama,” ungkap Akmal.

Akmal juga mengucapkan terima kasih pada Bupati Paolus Hadi atas pembinaan yang dilakukan terhadap IKSB Kabupaten Sanggau. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pentas Seni Sang Suanang Sukses, Pj Bupati Sanggau Beri Apresiasi

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pentas seni Sanggar Sang Suanang yang digelar Sabtu (18/05/2024) malam di Gedung …