Jumat , 3 Mei 2024
Home / BENGKAYANG / Cornelis Kunjungi DPC PDI Perjuangan Bengkayang Sampaikan Tahapan Pemilu 2024

Cornelis Kunjungi DPC PDI Perjuangan Bengkayang Sampaikan Tahapan Pemilu 2024

Anggota Komisi II DPR RI, Cornelis

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Anggota Komisi II DPR RI, Badan Anggaran DPR RI, tim pengawas DPR RI, bidang pengawas perbatasan fraksi PDI Perjuangan Drs. Cornelis,.M.H Sambangi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkayang, di Jalan Raya sanggau Ledo Sampaikan Tahapan-tahapan Pemilu 2024, dan Serahkan atribut partai. Kamis, (19/10/2023) Sore.

Pada kesempatan tersebut Cornelis menyampikan beberapa hal penting kepada seluruh pengurus DPC PDIP Kabupaten Bengkayang, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi akan dilaksanakan pemilihan umum, yaitu Pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif di semua tingkatan itu akan dilaksanakan 14 Februari 2024.

“Tahapan-tahapan pemilu ini semua kader partai harus tau. Tahapan pemilu yang pertama akan di lakukan pencalonan presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan 19 Oktober 2023 – 25 November 2023, setelah itu akan pencalonan DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dari tanggal 24 April 2023 sampai dengan 25 November 2023. Lalu pencalonan anggota DPD 6 Desember 2022 sampai 25 November 2023,” ujar Cornelis.

Lebih lanjut Cornelis menyampaikan kampanye pemilu tidak lama, di mulai 28 November 2023, sampai 10 Februari 2024, dan Masa tenang 11-13 Februari 2024. Pemunggutan suaranya pemilihan presiden dan Wakil Presiden, pemilihan legislatif itu 14 Februari 2024. Perhitungan suara dari 14-15 Februari 2024, dan rekapnya dari 15 February 2024 sampai 20 Maret 2024.

“Pemilihan kepala daerah setelah pemilihan Presiden dan wakil presiden dan legislatif dulu telah di tetapkan 27 November 2024, tetapi ada perubahan peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang akan dilaksanakan pada September 2024,” tukas Cornelis.

Tidak lupa Cornelis mengingatkan kembali untuk mengecek daftar pemilih, apakah masih ada masyarakat yang belum terdaftar, terutama pemilih pemula, jika masih ada yang belum terdaftar dibantu untuk mendaftarkannya agar dapat memberikan hak suaranya.

“Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki calon presiden yaitu Ganjar Pranowo, dan disandingkan dengan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden dan dirinya sendiri masih dicalonkan partai untuk Calon lagi di DPR RI di dapil Kalbar 1. Oleh karena itu Pemilih pemula jangan sampai tidak terdaftar, karena jika tidak terdaftar percuma untuk mendukung para calon, karena tidak bisa memberikan hak suaranya.

Masyarakatlah yang menentukan nasib bangsa ini kedepanya seperti apa, makan diadakan pemilu itulah, karena negara kita sebuah negara demokrasi, oleh karena itu mulai dari presiden sampai kepala desa itu adalah pemerintah,” tutup Cornelis. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …