Rabu , 29 Mei 2024
Home / NEWS / 2024, Tiga OPD di Lingkungan Pemkab Sanggau Berubah, Didit Richardi: Perdanya Sudah Ada

2024, Tiga OPD di Lingkungan Pemkab Sanggau Berubah, Didit Richardi: Perdanya Sudah Ada

Foto—Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Didit Richardi

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sanggau kembali dilakukan pada 2024 mendatang. Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Didit Richardi menyebut ada tiga OPD yang bakal berubah.

“Perdanya sudah ada. Perda untuk tiga OPD yang rencananya pada 1 Januari 2024 itu bakal berubah. Salah satunya adalah dinas PUPR. Kami di PUPR itu, akan diturunkan menjadi Perbup, ada yang bergabung dan ada yang berdiri sendiri nanti,” ujarnya, Senin (16/10/2023).

“Adapun yang bergabung di kami nanti cipta karya, tata ruang dan permukiman. Jadi semua bergabung menjadi dinas pekerjaan umum dan penataan ruang. Semuanya ke bina marga dan sumber daya air menjadi PUPR. Yang tinggal di sana adalah perumahan rakyat, kawasan permukiman dan pertanahan. Secara sub kegiatan anggaran, setelah dipetakan, di mapping, terkait penganggaran, ternyata beban kerjanya sama,” jelas Didit.

Dirinya memberi gambaran sebagai contoh (namun belum tentu disetujui), nantinya jalan-jalan non status yang ada di Dinas Bina Marga akan pindah ke Perkimtan. Jadi bina marga nanti hanya mengurus jalan kabupaten, bergabung dengan anggaran jalan setapak, beton dan lainnya. Meski demikian, gambaran tersebut baru rencana.

“Meski anggaran nanti sama tetapi secara tupoksinya lebih berat di PUPR. Kalau anggaran sih berbagi rata, tetapi secara tupoksi beratnya adalah di PUPR. Itu menjadi tipe A Plus. Sedangkan Dinas Perkimtan menjadi tipe B. Kalau sekarang sebelum gabung, keduanya tipe B. Karena digabung tipenya menjadi A plus akibat beban kerja yang cukup berat,” jelasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …