Selasa , 28 Mei 2024
Home / NEWS / Danrem 121/ABW: Perhatikan Faktor Keamanan Petugas di Lapamgan

Danrem 121/ABW: Perhatikan Faktor Keamanan Petugas di Lapamgan

Foto–Danrem didampingi Wakil Bupati dan sejumlah pejabat lainnya memeriksa kesiapan petugas, sarana dan prasana memadamkan api saat apel gelar pasukan di halaman stadion Sabang merah, Rabu (03/08/2023)—Kiram Akbar

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Apel gelar kesiapan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) digelar, Rabu (02/08/2023) di lapangan Sabang Merah, Kabupaten Sanggau. Komandan Korem (Danrem) 121/ABW Brigjen Pribadi Djatmiko memimpin langsung apel gabungan tersebut.

Ditemui wartawan usai apel, Pribadi Djatmiko meminta semua petugas memahami tugas masing-masing. Ia juga meminta setiap instansi selalu berkoordinasi.

“Koordinasi memang mudah diucapkan tapi sering sulit diimplementasikan di lapangan. Saya minta komunikasi antar sesama instansi harus terus ditingkatkan,” pesan Danrem.

Jendral bintang satu itu juga mengingatkan seluruh tim, menjaga keselamatan selama bekerja. Gunakan alat keamanan sebelum terjun memadamkan api.

“Ini yang menurut saya paling penting diperhatikan seluruh tim. Apa pun keberhasilan tugas yang kita kerjakan tetapi petugasnya tidak aman, tentu itu tidak bagus. Karenanya perhatikan faktor keamanan petugas di lapangan,” ingatnya.

Tak kalah pentingnya menurut Danrem, setiap individu harus memiliki rasa tanggung jawab menjaga hutan.

“Sebenarnya, kalau masyarakat kita patuh dengan adat istiadat, kearifan lokal maupun peraturan daerah tentang pembukaan lahan, otomatis pembakaran lahan dapat kita minimalisir,” ungkapnya.

“Sebagai contoh, tidak boleh membakar lahan lebih dari dua hektar perkenalan keluarga. Saat membakar harus ditungguin. Sebelum membakar harus izin, baik kepada Kepala Desa, maupun aparat keamanan dengan jadwal yang diatur tidak boleh seretak,” pungkasnya.

Apel gelar kesiapan penanggulangan Karhutla diikuti tim Damkar Sat Pol PP, TRC BPBD, UPT KPH wilayah Sanggau Timur, Manggala Agni, TNI/Polri, Tagana, Damkar Perusahan Perkebunan, Dinas Kesehatan, PMI, Yayasan Pemadam Kebakaran, Pemuda Pancasila, siswa SMK PDN, komunitas mobil off-road dan komunitas motor cross yang ada di Sanggau.

Selain Danrem, tampak hadir sejumlah pejabat diantaranya Wakil Bupati Yohanes Ontot, Sekda Kukuh Triyatmaka, Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Kapolres AKBP. Suparno Agus Candra Kusuma, Kajari Anton Rudiyanto, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau, Haklainul Dunggio, Plt BPBD Budi Darmawan, Komandan Kompi 642 Kapuas Lettu Pian serta para kepala SKPD dan camat serta Danramil di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sanggau. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …