Rabu , 29 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Enam Anggota DPRD Kapuas Hulu Tak Maju Pileg 2024

Enam Anggota DPRD Kapuas Hulu Tak Maju Pileg 2024

Kantor DPRD Kapuas Hulu

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Dari 30 anggota DPRD Kapuas Hulu kini masih duduk. Ada beberapa petahana tak lagi maju Caleg tingkat Kabupaten pada tahun 2024 karena masalah kesehatan ada juga memilih naik kelas calon DPRD Provinsi Kalbar.

Posisi petahana DPRD Kapuas Hulu cukup rawan dipertahankan pada Pileg 2024. Sebab penantang baru yang bermunculan cukup kuat, hampir merata di seluruh parpol.Ada beberapa nama santer disebut sekitar 6 petahana tak maju lagi mencaleg di 2024 tingkat Kabupaten.

Berdasarkan data dari KPU Kapuas Hulu untuk sementara petahana yang tak lagi maju pada Pileg 2024 di tingkat Kabupaten diantaranya dari Partai Hanura Fabianus Kasim, dari PPP Razali yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD, dari PKPI Antonius Manyu pindah PKB, Partai Golkar Januar, dari PKB Kalvin dan Partai Amanat Nasional (PAN) Budiharjo.

“Terkait ada anggota DPRD Kapuas Hulu yang kemudian tidak maju, sebenarnya kembali lagi kepada masing-masing anggota DPRD tersebut karena tidak ada juga ketentuan di kita yang mengharuskan anggota DPRD sebelumnya harus ikut kembali di Pemilu berikutnya, ” kata Muhammad Yusuf Ketua KPU Kapuas Hulu, Selasa (1/08/2023).

Yusuf mengatakan untuk proses perbaikan dokumen Bacaleg masih bisa dilakukan, hanya saja nanti pada saat pencermatan Daftar Calon Sementara (DCS) ataupun Daftar Calon Tetap (DCT).

“Untuk saat ini adalah hari terakhir tahapan verifikasi administrasi perbaikan dan analisis kegandaan bakal calon dan akan dilanjutkan dengan penyusunan akhir hasil verifikasi mulai besok tanggal 1 hingga 4 Agustus 2023. Kemudian barulah kita menyampaikan hasil verifikasi administrasi perbaikan ke partai politik di tanggal 5-6 Agustus 2023,” jelasnya.

Sementara Budiharjo Anggota DPRD Kapuas Hulu dari Partai Amanat Nasional saat dihubungi via telpon membenarkan bahwa dirinya tidak maju pada Pileg 2024 dengan alasan kesehatan.

“Saya kurang sehat untuk kembali maju Pileg 2024. Soalnya setelah kita maju Pileg, kita harus full berjuang karena target kita itu duduk di DPRD Kapuas Hulu. Jadi kita tidak bisa main-main, ” katanya.

Pria disapa Budi ini mengatakan, tidak majunya dirinya di Pileg 2024 ini, bukan berarti partainya tidak lagi menginginkan dirinya maju jadi anggota DPRD Kapuas Hulu. Justru partainya terus memberikan dukungan agar dirinya tetap maju jadi Caleg di Dapil 4.

“Lagipula sudah ada surat pernyataan dari saya maupun partai yang menyatakan saya tidak lagi maju Caleg di tingkat Kabupaten. Saya istirahat dulu lah, ” ucapnya.

Sementara Kalvin Anggota DPRD Kapuas Hulu saat dihubungi mengakui dirinya masih maju di Pileg 2024.
“Masih maju (Pileg 2024), cuma ke tingkat provinsi, ” ucapnya singkat.

Sementara Alimin Ketua DPC PKB Kapuas Hulu saat dihubungi via telpon belum bisa memastikan apakah kadernya Antonius Manyu tersebut namanya masuk menjadi peserta Pileg 2024.

“Saat ini beliau (Antonius Manyu) masih sakit di Pontianak. Nanti saya kabari lagi, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …