Kamis , 30 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Puskesmas Puring Kencana, Satgas Pamtas RI-Malasia Gelar Peduli Lansia

Puskesmas Puring Kencana, Satgas Pamtas RI-Malasia Gelar Peduli Lansia

Satgas Pamtas RI – Malaysia bersama Puskesmas Puring Kencana memberikan pelayanan kesehatan kepada Lansia

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 10 Bradjamusti bersama Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Puring Kencana melakukan program Poswindu untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) di Desa Merakai Panjang Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kamis (13/07/2023).

Pos pelayanan terpadu atau yang sering disebut sebagai Posyandu seringkali hanya dianggap identik dengan bayi dan ibu hamil. Posyandu lansia juga bisa dibentuk terutama jika di area tersebut ada warga lanjut usia.

Danpos Merakai Panjang Serka Angga Gumilar menyampaikan, Poswindu Lansia yang dilaksanakan adalah kerja sama dengan Puskesmas sebagai wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. Dengan sasaran langsung pra usia lanjutan, usia lanjut dan usia lanjut dengan risiko tinggi.

“Kami membantu tenaga kesehatan Puskesmas dalam program Poswindu untuk melakukan pemeriksaan rutin dan deteksi dini penyakit pada Lansia,” kata Danpos Merakai Panjang.

Sementara Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Mayor Arm Ady Kurniawan menyampaikan, bahwa dalam melakukan deteksi dini penyakit tidak menular yang dilaksanakan setiap bulan, petugas kesehatan bersama prajurit Satgas Pamtas khusus bidang kesehatan juga melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pola hidup sehat bagi masyarakat di perbatasan.

Menurutnya, kegiatan Poswindu tersebut meliputi, pemeriksaan tes tanda vital seperti tensi, kemudian melaksanakan pemeriksaan gula darah, diabetes dan kolesterol.

Dikatakan Dansatgas, melalui program Posbindu tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi masyarakat lanjut usia.

“Kami sebagai prajurit TNI terus berupaya untuk membantu setiap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, melalui kegiatan pelayanan kesehatan itu juga dapat mewujudkan sinergisitas antara personel Satgas Pamtas dengan dinas kesehatan di wilayah perbatasan dalam membantu menjalankan program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dengan cara mendeteksi dini resiko penyakit kepada masyarakat secara berkala.

“Kami selaku Komandan Satgas menekankan kepada seluruh jajaran anggota khususnya tenaga kesehatan Pos Satgas Pamtas agar selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bersinergi dengan Dinas Kesehatan diperbatasan. Salah satunya Puskesmas Kesehatan dalam menjalankan program pemerintah, demi untuk membudayakan gaya hidup yang sehat sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit demi terciptanya lingkungan dan masyarakat yang sehat, ” ujarnya.

Sementara itu Adriani Bidan Puskesmas Kecamatan Puring Kencana mengatakan, kehadiran Satgas Pamtas membantu meringankan tugas tenaga kesehatan di perbatasan.

Menurutnya untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan di tengah masyarakat perlu dukungan semua pihak, sehingga dengan adanya sinergisitas mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama bagi masyarakat lanjut usia.

“Kami berterima kasih atas bantuan personil Satgas Pamtas pos Merakai Panjang, Poswindu bisa dilaksanakan dengan lancar,” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …