Senin , 20 Mei 2024
Home / BENGKAYANG / Viral Pidato Cornelis di Pembukaan Gawai Dayak Barape Sawa Bengkayang

Viral Pidato Cornelis di Pembukaan Gawai Dayak Barape Sawa Bengkayang

Pidato Cornelis yang menjadi viral di sosial media. FOTO (Tangkapan layar)

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Anggota Komisi II DPR RI Cornelis kembali menjadi perbincangan di sosial media karena video pidatonya pada pembukaan Even Budaya Barape Sawa di Bengkayang, Sabtu 27 Mei 2023.

Video yang diunggah akun sosial media Maria Goreti pada Minggu 28 Mei 2023 ini dibagikan hingga 441 kali, mendapatkan perhatian 6.600 tombol reaksi like dan lebih dari 451 komentar.

 

Dalam pidatonya, Cornelis menyebut tidak enak menjadi Dayak karena tantangan yang semakin berat.

Cornelis mengatakan salah satunya sulit bagi orang Dayak untuk menjadi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi.

Ia mengungkapkan kekesalannya karena calon anggota KPU Provinsi Kalbar yang mewakili suku Dayak dicoret oleh komisoner KPU RI.

“Karena kita tidak dianggap orang yang pintar, yang cerdas, yang bermartabat”, kesalnya.

Namun Cornelis menyatakan kita tidak perlu berkecil hati dan mengingatkan kedepan, tantangan ini harus bisa diatasi oleh generasi muda.

“Oleh karena itu tantangan ini kalian yang muda-muda harus lebih pintar, lebih cerdas, kerja keras, berjuang, kompak”, ungkap Cornelis.

Menanggapi video tersebut, sontak kolom komentar unggahan langsung mendapat ragam komentar dari warganet.

“Betul cuma intimidasi itu masih terlalu tinggi pak, apa yang bapak ucapkan itu betul. Tapi itulah tadi intimidasi dan dikriminasi itu masih terlalu tinggi…dan perjuangkan juga tenaga honor, tenaga adminstrasi umum yang sudah 10 tahun pengabdiannya…”, tulis akun Rudi Rud Susanto.

“Betul pak, sesama Dayak kita tidak boleh saling menjatuhkan kompak demi kemajuan Dayak secara menyeluruh jangan liat dari latar belakang keyakinan karena banyak pula Dayak yang Muslim bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”, ujar Deni Puspa.

“Nasehat yang bagus, terima kasih bapak Cornelis buat generasi penerus kedepan, salam sehat, Tuhan memberkati”, tulis Dasar Barus. (Lukas)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …