Sabtu , 13 April 2024
Home / KAPUAS HULU / Jamaah Calon Haji Kapuas Hulu Tertua Berusia 85 Tahun

Jamaah Calon Haji Kapuas Hulu Tertua Berusia 85 Tahun

Manasik haji yang digelar Kemenag Kapuas Hulu dihadiri Wabup Kapuas Hulu

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Sebanyak 133 orang dari Kabupaten Kapuas Hulu akan berangkat haji tahun ini, untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat haji, para calon jamaah haji menjalani manasik haji yang dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu di Masjid Al Ikhlas Putussibau Utara, Selasa (09/05/2023). Kegiatan manasik haji tersebut langsung dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat. Dari data yang ada bahwa calon jamaah haji yang berangkat ke kota suci Arab Saudi untuk yang tertua bernama Khalijah Nuh Mat Saleh asal Pengkadan 85 tahun dan Jamaah Haji termuda yakni Gusti Kabir Surahman 18 tahun asal Kecamatan Selimbau.

Nibung Ketua Panitia Manasik Haji tingkat Kabupaten menyampaikan, bahwa jumlah jamaah haji Kapuas Hulu yang akan berangkat ke Arab Saudi berjumlah 130 orang. Maka dari itu sebelum jamaah haji benar-benar berangkat ke kota Suci Arab Saudi mereka ini diberikan bimbingan manasik haji terlebih dahulu.

“Bahwa kegiatan manasik haji ini digelar 10 kali pertemuan. Tentunya manasik haji ini meningkatkan ketahanan diri secara mandiri bagi jamaah haji sehingga mereka mampu menjalankannya, ” katanya.

Sementara Ali Fahrudin Nasution Kasi Pelaksanaan Haji dan Umroh Kemenag Kapuas Hulu berharap agar para jamaah haji dapat menjalankan manasik haji yang dilaksanakan pada 9-14 Mei nanti.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan manasik haji ini berjalan dengan baik, ” ujarnya.
Ali mengatakan, pemberangkatan jamaah haji tahun ini dengan kuota penuh setelah dua tahun lalu sebelumnya tidak ada keberangkatan haji karena Covid – 19.

“Jadi ketika ada jamaah yang harus berangkat pada dua tahun lalu tak jadi berangkat, tentu ada hikmahnya, kemudian tahun 2022 lalu ada yang berangkat namun dibatasi usia diatas 65 tahun tidak diterima Arab Saudi. Tapi saya yakin ibu tetap bersabar, tapi sampai sekarang tidak ada yang membatalkan keberangkatan hinga hari ini, ” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Agama Kabupaten Kapuas Hulu dan semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya bimbingan manasik haji ini, ” ujarnya.

Wabup mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan, sikap dan prilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar, sehingga nantinya dalam pelaksanaan haji dapat berjalan lancar, dan calon jemaah haji mendapat predikat haji yang mabrur.

“Kepada para jama’ah calon haji Kabupaten Kapuas Hulu agar dapat mengikuti Manasik Haji ini dengan sungguh-sungguh dan yang paling penting adalah senantiasa menjaga kesehatan, ikuti lah dengan seksama kegiatan manasik ini, kalau tidak mengerti jangan malu untuk bertanya kepada pembimbing agar nantinya lebih siap dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji nanti di tanah suci, baik dari mengenakan pakaian ihram, cara menunaikan rukun haji dan sebagainya, ” jelasnya.

Sambung Wabup, kepada petugas dan ketua tim agar selalu memperhatikan kebutuhan jemaah haji kita selama di Tanah Suci, kalau diperlukan responlah dengan cepat, dan kepada seluruh calon jemaah haji, agar nantinya di Tanah Suci selalu menjaga kekompakkan tim, saling membantu jika ada permasalahan.

“Terakhir saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berdoa semoga semua jemaah haji Kabupaten Kapuas Hulu, selalu sehat wal’afiat, kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan semoga menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Safari Ramadan di Desa Tanjung Merpati

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengunjungi masjid Nurul Islam di Desa Tanjung …