Minggu , 26 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Cek Bus Jelang Lebaran, Dishub Kapuas Hulu Sebut Kendaraan Laik Jalan

Cek Bus Jelang Lebaran, Dishub Kapuas Hulu Sebut Kendaraan Laik Jalan

Pemeriksaan sejumlah kendaraan di Putussibau oleh Dishub Kapuas Hulu menjelang Lebaran.

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu sudah mulai memeriksa kelaikan bus menjelang musim mudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. Namun, hasilnya mayoritas armada yang dicek tersebut dianggap laik jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu Serli menyampaikan, pada Senin (10/04/2023) kemarin pihaknya bersama kepolisian, jasa raharja, Samsat dan Dinas Kesehatan Kapuas Hulu melakukan pengecekan sejumlah kendaraan terutama Bus.

“Sejumlah kendaraan seperti angkutan umum seperti bus, baik bus dari Putussibau ke luar serta bus dari luar ke Putussibau semuanya kita cek, ” katanya, Selasa (11/04/2023).

Serli mengatakan, pengecekan sejumlah kendaraan tersebut dimulai dari Bus Damri, Sentos, Perintis, Marus, Kapuas Raya dan Putra Kembar.
“Dari hasil pengecekan tersebut, intinya kelengkapan seperti surat menyurat, kesehatan sopir, surat kir, pajak dan lainnya semuanya aman dan bus tersebut laik jalan, ” jelasnya.

Menurut Serli, sejumlah bus yang diperiksa ini sudah sesuai dengan aturan dalam pengangkutan orang, hanya saja ada satu kendaraan yang dikeluhkan masyarakat karena tidak ada parkirnya. Justru bus tersebut parkir didekat rumah sakit Ahmad Diponegoro Putussibau.

“Kita sudah tegur pemilik busnya dan kita minta parkir busnya diarahkan ke tempat lain yakni di terminal Kedamin, ” ujarnya.

Menjelang Lebaran ini kata Serli, dirinya mengimbau kepada pemilik kendaraan umum tetap memperhatikan ketentuan dalam berlalu lintas, kemudian untuk pemilik kendaraan air yang sudah dilakukan pengecekan juga dapat memperhatikan kelayakan speed untuk angkutan penumpang dari beberapa kecamatan yang melintas.

“Untuk pengguna jangan memaksalan diri jika kendaraan yang ditempati itu sudah penuh, jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …