Minggu , 19 Mei 2024
Home / BENGKAYANG / 50 Desa di Bengkayang Jadi Venue Pelaksanaan KKN Kebangsaan 2023

50 Desa di Bengkayang Jadi Venue Pelaksanaan KKN Kebangsaan 2023

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Rombongan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XI 2023 melaksanakan Rapat Koordinasi dan kunjungan lapangan KKN Kebangsaan dengan mengunjungi Kabupaten Bengkayang, bertempat di Aula 2 Lantai V Kantor Bupati Bengkayang, kemarin. Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan berbagai kesiapan jelang pelaksanaan KKN Kebangsaan XI 2023, dimana Kabupaten Bengkayang menjadi salah satu daerah yang menjadi wilayah tujuan bersama Kabupaten Sambas.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua LPPM Untan yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia KKN Kebangsaan XI tahun 2023, 52 perwakilan perguruan tinggi (PT) yang akan mengirimkan mahasiswa terbaiknya, serta Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kepala Instansi vertikal Kabupaten Bengkayang, Kepala BUMN dan BUMD.

Mewakili rombongan peserta KKN Kebangsaan, Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko menjelaskan, bahwa KKN Kebangsaan ini merupakan kegiatan akademik sesuai program yang diadakan penyelenggara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Dia juga membeberkan, kurang lebih 1.000 orang mahasiswa akan meramaikan pelaksanaan KKN Kebangsaan 2023, dengam rincian jumlah tersebut disebar di 92 Desa, di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

“Total ada kurang lebih 1000 mahasiswa yang akan ikut program KKN Kebangsaan ini. Mereka akan dibagi dan disebar, masing-masing di 50 Desa di wilayah Kabupaten Bengkayang dan 42 desa di wilayah Kabupaten Sambas,” ungkap Garuda.

Dia juga membeberkan, peserta KKN ini bakal diisi oleh perwakilan mahasiswa di dua Universitas, yang berasal dari negeri jiran Malaysia yang akan mengikuti kegiatan ini sebagai peninjau. Mereka, kata dia, akan ditempatkan selama sebulan penuh di desa-desa perbatasan di Kabupaten Bengkayang, yang akan dilaksanakan pada 20 Juli hingga 20 Agustus 2023.

“Kita juga sangat berterimakasih dan sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bengkayang, yang sudah bersedia menerima peserta KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 dengan penuh kehangatan,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis turut mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan panitia pelaksana yang telah mempercayakan Kabupaten Bengkayang sebagai daerah pelaksanaan KKN Kebangsaan 2023.

Darwis memastikan, Pemkab Bengkayang akan mendukung penuh semua rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama KKN Kebangsaan berlangsung nantinya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Darwis juga menjelaskan terkait potensi-potensi Kabupaten Bengkayang yang sudah dikembangkan selama kurang lebih dua tahun terakhir, yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh peserta KKN nantinya. Hal tersebut mulai dari potensi desa, pertanian, perikanan, pariwisata dan lain sebagainya.

“Kabupaten Bengkayang siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang baik ini,” tutur Bupati Bengkayang.

“Kita harap, program KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 ini juga bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di Kabupaten Bengkayang kedepannya,” pungkasnya. (Wati)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …