Senin , 20 Mei 2024
Home / NEWS / Sukseskan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

Sukseskan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

 

KALIMANTANTODAY, SANGAU. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau menegaskan komitmennya menyukseskan program panen padi nusantara 1 juta hektar yang digagas Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.
Menurut Kubin, program tersebut untuk memastikan ketersediaan stok beras di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sanggau aman hingga lebaran.

“Program ini dari Kementerian Pertanian yang dimulai sejak 9 Maret 2023 lalu yang dipusatkan di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo,” kata Kubin kepada wartawan, Senin 13 Maret 2023.

Untuk di Kalimantan Barat, lanjut Kubin, dipusatkan di Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau tepatnya di lahan Gapoktan Bhakti Bersama, Desa Tunggal Bakti, Kecamatan Kembayan pada hamparan sawah siap panen seluas 117 hektar.

“Panen yang bertempat di Kecamatan Kembayan waktu itu dilakukan pada hamparan sawah Kelompok Tani Maju disaksikan para pejabat dan tamu undangan lainnya. Kegiatan panen raya ini merupakan bagian dari Panen Raya Padi Nusantara 1 Juta hektar yang dilakukan secara serentak di 30 Povinsi dan 131 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, dengan mengusung tema ‘Padi Petani Kita Untuk Indonesia’,” ungkap Kubin.

Kubin berharap, melalui gerakan ini dapat mengatasi persoalan kekurangan stok gabah dan beras di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sanggau.

“Melalui gerakan panen ini diharapkan pasokan beras untuk bulog dan pasar tersedia dengan harga yang terjangkau dan dapat meningkatkan pendapatan petani,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …