Senin , 15 Juli 2024
Home / KAPUAS HULU / Produk Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara, Kapuas Hulu Tampilkan Kain Tenun

Produk Kerajinan Terbesar di Asia Tenggara, Kapuas Hulu Tampilkan Kain Tenun

Bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu saat hadir di INACRAFT.

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU- Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu Ny. Angeline Fremalco menghadiri INACRAFT 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, Rabu (1/03/2023).

INACRAFT 2023 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dimulai pada 1-5 Maret 2023 dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Sandiaga Uno). Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan di seluruh wilayah di Indonesia.

“Tahun ini, pameran INACRAFT diikuti 1.118 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) peserta, mengisi 1.200 booth yang terdiri dari 904 anggota ASEPHI, 214 non anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan dinas atau dekranasda” kata Sekretaris Badan Pengurus Pusat (BPP) ASEPHI sekaligus Project Officer INACRAFT 2023 Baby Jurmawati.

Sementara Angelina Fremalco Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, INACRAFT 2023 bertujuan untuk mempromosikan produk kerajinan lokal untuk meraih peluang pasar baik domestik maupun internasional.

“Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu juga mengutus satu orang penenun binaan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu atas nama Susiana Tau untuk memperagakan langsung proses pembuatan kain tenun sidan di stand Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, ” ujarnya.

Pada Kesempatan INACRAFT 2023, kata Angelina, Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu membawa produk antara lain Kain tenun yakni Tenun Sidan, Tenun Ikat, Tenun Sungkit, dan Tenun Pileh. Kemudian kerajinan dari kayu ulin, aneka anyaman mulai Keban Bronai, Anyaman Bemban, rotan dan bamb serta aneka aksesoris yakni manik-manik dan gelang resam. Kerajinan dari kayu ulin tersebut bahannya dari limbah akar/kayu ulin yang tertimbun di dasar sungai yang didaur ulang.

“Tahun 2022, Kain Tenun Sidan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu berhasil memperoleh Juara 1 kategori tekstil dan Best of the Best dalam dalam INACRAFT Award 2022, Semoga tahun ini juga dapat menarik perhatian tim penilai dan pengunjung, ” harapnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Transmigrasi Kapuas Hulu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Pameran INACRAFT diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *