Selasa , 28 Mei 2024
Home / LANDAK / PJ Bupati Landak : TMMD Membantu pemerintah Daerah Dalam Percepatan Pembangunan Fisik dan Non Fisik

PJ Bupati Landak : TMMD Membantu pemerintah Daerah Dalam Percepatan Pembangunan Fisik dan Non Fisik

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – PJ. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si membuka secara langsung Acara TNI manunggal membangun desa (TMMD) Tahun 2023 di desa bengawan ampar kecamatan kuala behe, dengan tema sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat, yang di hadiri oleh ketua DPRD landak, Kapolres Landak, Kajari Landak, kepala pengadilan negeri landak, Sekda Landak , kepala kementerian agama Landak, para komandan dan pimpinan TNI/Polri, para kepala OPD Landak, camat kuala behe, kepala puskesmas kuala behe dan kepala desa bengawan ampar, di aula kantor Bupati Landak. Kamis, (23-02-2023)

Dalam kesempatan tersebut PJ Bupati Landak Samuel, menyampikan bahwa program TNI manunggal membangun desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat dalam perkembangannya TMMD menjangkau ke daerah-daerah terpencil dan tertinggal, perbatasan, kumuh perkotaan maupun daerah yang dilanda bencana alam.

“Tujuan dari kegiatan TMMD ini ialah membantu pemerintah daerah kabupaten/kota dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengatakan Tujuan lainnya yang tidak kalah penting yaitu untuk meningkatkan kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan dan juga ikut menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman.

“Program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap Samuel.

Dikatakannya dalam program TMMD ke-116 ini, TNI AD bekerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di seluruh tanah air dalam melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan sasaran non fisik, sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah.

“Sedangkan kegiatan non fisik antara lain penyuluhan tentang kesehatan seperti peran posyandu, pencegahan stunting, serta bela negara dan wawasan kebangsaan yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju sejahtera dan mandiri, semua bentuk kegiatan tersebut sejalan dengan tema TMMD ke-116 kali ini, yaitu sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat,” terangnya.

Tidak lupa Samuel mengucapkan terima kasih kepada jajaran Korem 121/ABW dan Kodim 1201/Mempawah, yang telah menginisiasi program TMMD tahun 2023 di Kabupaten Landak khususnya di desa bengawan ampar kecamatan kuala behe saya berharap kegiatan yang akan berlangsung selama 30 hari kedepan dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga program yang dilaksanakan dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di seluruh sasaran pelaksanaan TMMD.

“Semoga kegiatan TMMD ini dapat dijadikan pendorong semangat untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di daerah, dengan menyatukan kekuatan semua unsur mulai dari TNI, Pemerintah, serta masyarakat sehingga pada saatnya indonesia semakin maju dan sejahtera khususnya di Kabupaten Landak,” tukas Samuel.

Ditempat yang sama Komandan Kodim 1201/Mempawah Daru Cahyo Alam, S.Sos menyampikan bahwa TMMD yang diprogramkan di tahun 2023 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, untuk membantu akselerasi pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan rakyat, memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka menyiapkan RAK Juang yang tangguh di wilayah NKRI dan khususnya di wilayah Kabupaten Landak.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bekerja membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itulah selama TMMD ini para prajurit TNI hadir ditengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong- royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan,” tutur Daru. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Deklarasikan ODF, Bupati Sis Ajak Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mendeklarasikan Desa Stop Buang Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *